September 20, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Paskibraka SMASA Duta Propinsi

2 min read

Hai para generasi muda yang membara!.. Yuk.. kita lanjutkan perkenalan kita dengan paskibraka kebanggaan kota Probolinggo dialah Aulia. Nama lengkapnya Aulia Zahri Ramadhan, temen kita yang biasa dipanggil Rama ini lahir 14 Oktober tahun 2004 di kota Probolinggo. Kalian udah tahu belum, teman kita ini yang berhasil memborong 3 piala loh? Disamping hobi Rama yang banyak seperti voli, badminton dan renang, prestasinya juga gak kalah banyak loh. Tiga prestasi yang dibawa temen kita ini antara lain: Juara 2 PBB SMP Tingkat Kota; Juara 2 Fashion Muslim SMPN 2 dan Juara Harapan 1 PBB SMP Tingkat Kota.

Rama bercerita tentang tahapan hingga menjadi anggota paskibraka provinsi. Dimulai dari seleksi SMAN 1 yang diikuti oleh banyak teman-temannya, Rama berhasil masuk ke seleksi kota bersama lima siswa siswi SMAN 1 lainnya. Seleksi tingkat kota dilaksanakan di GOR Mastrip dengan persaingan beberapa sekolah lain. Rangkaian test yang harus di ikuti yaitu test tinggi dan berat badan, tremor, baris berbaris, buta warna, dan lain sebagainya. Wah! Banyak ya teman-teman. Tiba waktu pengumuman, Rama merasa sangat bersyukur karena kelima siswa dan siswi SMAN 1 lolos semua ke tahap selanjutnya. Setelah itu, mereka mengikuti pelatihan oleh para tentara kodim serta pembina dispopar. Mereka melewati masa pelatihan selama 9 hari. Hasil seleksi ini membawa Rama bersama teman-temannya yang terdiri dari 3 putra dan 3 putri dinyatakan lolos. Selanjutnya Rama dan ke enam teman dari SMAN 1 Probolinggo mengikuti test di Surabaya.

Tidak lama kemudian Rama dan para perwakilan dari Kota Probolinggo lainnya harus mengisi syarat-syarat untuk persyaratan diseleksi Paskibraka tingkat Provinsi. Mereka berangkat ke Surabaya dengan membawa nama baik Kota Probolinggo. Sesampainya di Islamic Center Surabaya, mereka istirahat satu malam, lalu melakukan seleksi seperti test kesehatan, wawancara, kesemaptaan, baris berbaris, dan lain-lain pada esok harinya. Setelah melakukan berbagai test, pengumuman akhirnya tiba. Rama berhasil lolos menjadi tim inti Paskibraka Provinsi perwakilan Kota Probolinggo. Tiga hari kemudian Rama dan Bintang berangkat ke Surabaya lagi untuk mengikuti seleksi Nasional, test yang dilaksanakan pun sama seperti Paskibraka Provinsi Jawa Timur.

Disaat pengumuman tiba, Rama dan rekannya Bintang tidak berhasil lolos dalam tahap seleksi Paskibraka tingkat Nasional untuk perwakilan Jawa Timur. Namun dia tidak berkecil hati, karena Rama yakin bahwa semua itu sudah di atur Allah SWT. Rama berkata bahwa semua yang dia dapatkan itu juga berkat doa restu dari kedua orang tuanya, keluarga, guru, dan teman temannya.

Oiya nih, Rama ada motivasi buat temen-temen semua agar lebih semangat dalam mencapai mimpi kalian! “Gapailah impianmu atau keinginanmu dengan maksimal. Jangan lupa untuk selalu berdo’a kepada Sang Kuasa serta do’a dari orang tua kita. Tanpa hal itu, kita tidak dapat meraih mimpi kita. Janganlah mudah putus asa atau menyerah terlebih dahulu karena kita belum tau hasilnya bagaimana. karena allah lah yg mengatur itu semua” — Aulia Zahri Ramadhan