September 19, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Sepasang Paskibraka Kebanggaan Kota Probolinggo

3 min read

Halo..!! Sudah tahu kan?? Sepasang paskibraka perwakilan kota tahun ini? Ya dialah Bintang dan Aulia. Yuk aku kenalin. kita mulai dai Bintang dulu ya. Siswi yang bernama lengkap Bintang Kirana Valentina Mulyadi ini lahir di Probolinggo, 14 Februari 2005. Dia memiliki hobi menari,bermain gitar,modelling, bernyanyi,dan digital art. Untuk terpilih masuk paskibraka provinsi ini banyak sekali perjuangan yang harus dilalui oleh Bintang. Berbagai tahap telah Bintang lakukan, dimulai dari seleksi SMA yang diikuti oleh banyak siswa dan berakhir lolos ke seleksi kota dari SMAN 1 sebanyak 10 siswa. Pada seleksi kota, seleksinya pun ada berbagai tahapan yaitu tes kesehatan, tes tremor, dan tes PBB. Melalui beberapa seleksi tersebut awalnya Bintang tidak yakin akan lolos untuk mengikuti seleksi Provinsi. Namun, alhamdulillah ia bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yang kemudian dilatih bersama bapak tentara dan PPI Probolinggo selama 9 hari di Stadion Bayuangga.

Awalnya Bintang merasa bosan dan lelah mengikuti semua itu, namun ia ingat pada tujuannya yang ingin membanggakan orang tua dan untuk bisa masuk ke dalam deretan PASKIBRAKA ini sangatlah susah dan itu merupakan hal yang sangat diinginkan oleh semua orang. Setelah kurang lebih 9 hari latihan, tiba saatnya babak penentuan siapa saja yang terpilih untuk berangkat ke Surabaya. Hingga tiba keesokan harinya dan namanya terpanggil. Bintang sangat senang dan tidak menyangka bahwa ia yang akan lolos untuk pergi ke Surabaya. Sebelum berangkat ke Surabaya, ia dan teman-temannya dibekali materi dan bahasa inggris oleh kakak senior. Dan tiba waktunya seleksi di Surabaya. Mulailah ia memasuki tahap seleksi yang pertama Rayon yaitu Tahap PBB, setelah itu seleksi tes SAMAPTA, dilanjut tes wawancara, dan yang terakhir tes kesehatan.

Tiba akhirnya ia menyelesaikan semua tes dan menunggu pengumuman. Hingga tiba momen yang menegangkan, dimana semua peserta menunggu pengumuman selama kurang lebih 2 jam. Nah, pada saat giliran Kota Probolinggo dipanggil, Dan boom! Ternyata namanya dan satu lagi temannya terpanggil untuk menjadi Inti PASKIBRAKA perwakilan Kota Probolinggo ke Jawa Timur. Setelah semua inti dipanggil ternyata langsung diadakan pengumuman lanjutan untuk seleksi nasional. Ia harus berlatih lebih giat karena hanya diberi waktu 2 hari untuk berlatih. Tidak lupa meminta restu orang tua, guru, dan temannya, Bintang pergi ke Surabaya. Di seleksi nasional yang lebih difokuskan hanya pada PBB dan wawancara. Dan ia sudah melalui semua seleksi itu, dan pengumuman kembali tiba, namun nama Bintang dan Rama perwakilan Kota Probolinggo tidak terpanggil menandakan ia dan Rama hanya berhenti di PASKIBRAKA provinsi saja. Ia tidak berkecil hati, sedih sih pasti namun ia sudah sangat bersyukur, bisa sampai ke titik ini karena tidak semua orang bisa melakukannya.

Bintang sudah bangga menjadi bagian dari PASKIBRAKA provinsi Jawa Timur. Tanpa doa restu dari semua, ia bukanlah apa-apa. Ia mengucapkan terimakasih atas sebesar besarnya kepada keluarga, guru, teman, pelatih, dan pendamping. Dan ia meminta maaf karena masih belum bisa membawa nama Kota Probolinggo ke Nasional. Bintang juga memberikan motivasi agar diteladani oleh semuanya.
“Tunjukkan rasa percaya diri dan rendah hati, teruslah berjuang jangan lupa untuk selalu berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa serta meminta doa orang tua dan orang sekitar. Bermimpilah setinggi mungkin sampai kamu tidak akan percaya bahwa suatu saat mimpimu akan menjadi kenyataan, teruslah mencoba sampai titik terakhirmu.”