September 20, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

SMAN 1 Probolinggo Mendukung PSP Kemendikbud RI

2 min read

PSP (Program Sekolah Penggerak) yang di canangkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah dimulai di awal tahun pelajaran 2021-2022 dengan persiapan para guru di sekolah yang telah di tentukan. SMA Negeri 1 Probolinggo, sebagai salah satu sekolah Penggerak juga telah membuat perencanaan dari sebelum tahun pelajaran ini di mulai. Dimulai dengan memilih perwakilan guru-guru terbaik SMAN 1 Probolinggo untuk di bekali berbagai program untuk persiapan sekolah sebagai Sekolah Penggerak yang di lakukan secara daring. Kemudian melaksanakan IHT serentak yang telah di canangkan dari pusat. Pelaksanaan IHT PSP atau In Haouse Training Program Sekolah Penggerak ini di laksanakan pada tanggal 12 Juli 2021 hingga 21 Juli 2021.

Materi yang di berikan selama IHT ini cukup banyak dan komplek dengan total waktu 8 hari yang terdiri dari: Post Test di berikan pada hari pertama yang di lakukkan secara serentak. Pertemuan di hari ke dua adalah materi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewara tentang ‘Pendidikan yang Memerdekakan’. Pada hari ke tiga ‘ Kerangka Dasar Kurikulum dan Refleksi tugas Profil Pelajar Pancasila’. Pada hari ke empat, pemantapan kembali Kerangka Dasar Kurikulum masing di pandu oleh bapak pengawas kita Drs. Khalis Hasyim MM.

Pada hari ke lima tentang Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran. Pada hari ke enam tentang Refleksi Alur Tujuan Pemeblajaran dan Asesmen Diagnostik. Pada hari ke tujuh tentang Modul dan Asesmen Formatif dan Sumatif. dan Pada hari terakhir tentang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan dan Literasi Digital. kemudian di tutup dengan Post Test. Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.