September 19, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Giat Berlatih dan Pantang Menyerah

2 min read

Siswa dan siswi SMA Negeri 1 Probolinggo memang dikenal sebagai anak-anak yang berprestasi. Salah satu contohnya adalah siswi dari kelas XI MIPA F yang bernama Anggitia Retno Dewanti. Teman kita yang lebih akrab dipanggil Anggi ini merupakan anak kelahiran 19 Maret 2005 di Kota Probolinggo. Dikala pandemi seperti saat ini, tidak Anggi gunakan untuk bermalas-malasan, tetapi ia gunakan untuk mencoba mengikuti berbagai macam perlombaan dan dengan semangat berusaha memenangkannya. Dari berbagai lomba yang diikuti, berikut adalah beberapa lomba yang berhasil Anggi juarai:

  1. News Generation Olympiad 3 Bidang Bahasa Inggris, diadakan oleh Indonesia Student News
  2. dSociety Berhitung Cepat (DBC), diadakan oleh dSociety dan SEMUD
  3. TO KSN Bidang Matematika Nasional, diadakan oleh Komfesta
  4. Olimpiade Numerisasi Nasional (ONN), diadakan oleh POSI
  5. Veterinary Competition (VETCO), diadakan oleh Komfesta
  6. Olimpiade SBMPTN (OSMBPTN), diadakan oleh POSI

Wah keren banget, ya! Anggi telah berhasil memperoleh banyak penghargaan. Untuk mendapatkan prestasi tersebut tidaklah mudah, Anggi harus melewati proses yang panjang loh. Ia mengikuti banyak olimpiade di berbagai bidang, seperti Matematika, Biologi,  Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris. Tetapi dari beberapa olimpiade yang Anggi ikuti, ia hanya memperoleh predikat sebagai peserta. Hal itu tidak membuat Anggi putus asa, namun ia jadikan sebagai pengalaman tambahan. Mengikuti berbagai olimpiade juga dapat menambah wawasan tentang tipe-tipe soal yang dikeluarkan. Kunci utama meraih kesuksesan adalah giat berlatih dan pantang menyerah.

Sebelum mengikuti perlombaan, Anggi telah berusaha mempersiapkan semuanya dengan matang, ia mencari dan mempelajari soal-soal olimpiade di Google sebagai referensi juga sebagai latian dengan memahaminya dengan cermat. Dengan berbekal pengalaman sebelum-sebelumnya sebagai peserta olimpiade, membuat Anggi sedikit lebih tenang saat mengerjakan soal olimpiade tersebut. Selain mempersiapkan segalanya, tak lupa diperlukan istirahat yang cukup agar tubuh menjadi fit dan mendapatkan stamina yang penuh. Sehingga saat mengerjakan soal olimpiade tersebut otak terasa fresh dan akan lebih tenang saat mengerjakannya. Jangan lupa juga imbangi dengan nutrisi yang cukup dan makan yang teratur. Persiapan Anggi seperti ini bisa dijadikan contoh bagi teman-teman yang menjadi peserta lomba olimpiade, ya!

Sekolah telah memberi fasilitas melalui latihan soal di Group KSN Matematika. Hal ini dilakukan sekolah guna dapat memberikan pandangan melalui pengenalan ragam dan tipe soal olimpiade. Di sisi lain, Anggi juga menambah lebih banyak ilmu dengan mengikuti les privat beberapa mata pelajaran sebagai tambahan bekal pemahaman dan wawasan. Saat di waktu luang pun, Anggi menyempatkan waktu untuk mencari bank soal di internet untuk menambah referensi. Oiya, Anggi titip pesan buat teman-teman yang lagi semangat dan lagi berusaha untuk berubah ke arah yang baik demi masa depan. Nih, pesan semangatnya buat kalian!

“Mencari ilmu laksana mengukir sejarah yang melekat kepada pemiliknya” – Anggitia Retno Dewanti