October 25, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

3 SRIKANDI SMASA

4 min read

Adalah Sekar, Intan dan Ritnabila. Tiga Srikandi SMASA ini telah berhasil meraih juara dalam lomba INTERNATIONAL KARATE CHAMPIONSHIP 2021 OPEN & FESTIVAL VIRTUAL KATA-KUMITE Tingkat SMA. Lomba ini di selanggarakan oleh UNJ (Universitas Negeri Jakarta) tanggal 10 hingga 12 September 2021. Ritnabila Renesya Panca Kelas XC (juara 1); Sekar Ayu Putri NugraheniKelas XII MIPA F (juara 1); Intan Puspita Rini Kelas XII IPS C (juara 3). Bagi Tiga Srikandi ini, keluarga adalah segalanya. Keberhasilan mereka selama ini adalah berkat dukungan keluarga. Berikut ini kisah Tiga Srikansi SMASA.

Ritnabila pernah kita menyampaikan kepada LENTARA bahwa ayahnya selalu mendukung kegiatan ektrakurikulernya bela diri walau awalnya sempat melarang karena kawatir. Hingga akhirnya Ritnabila meraih banyak prestasi. Kini kita akan mengenal dua teman kita lagi, Intan dan Sekar. Intan yang bernama lengkap Intan Puspa Rini ini lahir pada tanggal 28 Desember 2003 di Probolinggo. Intan bercita-cita menjadi Polwan loh, pantas saja hobbynya mengnantang yaitu karate, futsal menenton film psikopat. Sejak kelas 4 SD, Intan telah di latih ayahnya bela diri Karate. Awal Intan mengikuti kejuaraan, pada tahun 2013 tepatnya bulan Juli walau hasilnya kalah. Setelah mengetahui sebab kegagalannya, akhirnya Intan lebih banyak lagi berlatih hingga akhirnya mampu meraih medali perunggu di kejuaraan tingkat kota yaitu Walikota cup. Selain itu Intan juga telah meraih Juara 3 kata beregu putri kejurda blitar, Juara 2 kata beregu putri dan juara 3 kata perorangan kejurda di bangil. Wah keren sekali Intan!!

Intan sangat optimis menyampaikan pengalamannya kepada LENTERA. Setelah itu saya banyak mengikuti kejuaraan mulai dari tingkat kota, provinsi, dan nasional tetapi dari proses tersebut banyak kegagalan yang terjadi tapi lagi-lagi saya terus mencoba dan tidak patah semangat. Pada akhirnya saya mendapat mendali kejurda dan internasional. Tetapi kedepannya saya sudah prepare untuk mengikuti kejurnas bogor open, brawijaya university karate championship, jombang open, kejurda antar ranting inkai banyuwangi, dan kejurda pasuruan karena saya sudah mempunyai goals bahwa dalam setahun 2021 ini saya harus punya medali minimal 5 untuk bekal saya mencapai cita-cita saya.

Satu lagi teman kita bernama Sekar, lengkapnya Sekar Ayu Putri Nugrahaeni. Sekar lahir tanggal 16 Desember 2003 di kota Probolinggo. Ternyata hobby sekar jauh banget dengan prestasinya, yaitu bermain gadget, menonton film, mendengarkan musik, jalan-jalan. Namun prestasinya bukan main-main, berikut ini ceri Sekar kepada LENTERA. Pertandingan pertama saya dilaksanakan di bulan Juli 2013 di Pandaan, Kab. Pasuruan. Awalnya, saya enggan untuk berpartisipasi karena saya merasa sangat malu untuk dilihat banyak orang, selain itu saya juga masih memegang sabuk putih, lawan-lawan yang akan saya hadapi pastinya memegang tingkatan sabuk yang lebih tinggi dan pastinya lebih berpengalaman. Namun, setelah diyakinkan oleh ayah saya, akhirnya saya pun mendaftar. Alhamdulillah saya meraih juara 3. Setelah itu, saya semakin tekun berlatih dan mendapatkan kepercayaan diri. Pengalaman bertanding yang paling berkesan selama SD antara lain, PORKOTA tahun 2014 dimana saya berhasil memeroleh 2 medali emas, kejuaraan antarpelajar se-Probolinggo yang dilaksanakan di tahun 2015 dan saya berhasil memeroleh 1 emas, 1 perak, dan 1 penghargaan Best Of The Best (Penghargaan kepada pemenang yang berhasil mengalahkan juara 1 dari kelas pertandingan lainnya), serta O2SN SD tingkat kota Probolinggo tahun 2015.

Setelah saya menjadi juara 1 di O2SN tingkat kota, saya harus mewakili kota Probolinggo untuk O2SN tingkat provinsi. Sayangnya, saya belum berhasil. Meskipun begitu, saya mendapatkan banyak pengalaman dan teman-teman baru. Saat SMP, prestasi yang saya dapatkan antara lain juara 2 dan 3 di kejuaraan piala Bupati Pasuruan yang diadakan di tahun 2017, 2 medali emas dan 1 penghargaan Best Of The Best di ajang PORKOTA tahun 2019. Saya juga pernah berpartisipasi dalam kejuaraan Piala Pangdam Brawijaya, namun saya belum berhasil. Saat memasuki SMA saya bertekad dan berjanji untuk meningkatkan prestasi. Di bulan September 2019 saya berpartisipasi di Kejuaraan Nasional Jombang Open dan berhasil menjadi juara 3 di kelas kumite -45 kg junior putri. Satu bulan kemudian, tepatnya di bulan Oktober 2019, saya bertanding di Forki Cup kota Probolinggo dan meraih juara 3 di kelas kumite -45 kg. tahun 2021, tepatnya di tanggal 10-12 September, saya berpartisipasi dalam kejuaraan internasional yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Jakarta secara virtual.  Pertandingan secara virtual mengharuskan saya untuk merekam video bermain kata. Perekaman video saya lakukan dua minggu sebelum deadline pengumpulan video. Saya berulang kali merekam video untuk mendapatkan video dengan gerakan terbaik. Tibalah hari pengumuman dan Alhamdulillah saya berhasil meraih medali emas.

Pengalaman berkesan tak hanya didapatkan dari pertandingan. Pada tanggal 17 Agustus 2021, saya ditunjuk untuk tampil memainkan kata dalam perayaan HUT RI ke-76 di Gor Mastrip. Saya dapat bertemu langsung dengan Wali Kota Probolinggo beserta jajarannya dan mendapatkan banyak pengalaman berharga. Saya kembali ditunjuk untuk tampil di perayaan HUT kota Probolinggo ke-662 bersama teman-teman lainnya. Dalam mempersiapkan kedua acara tersebut, kami berlatih dengan keras selama berhari-hari. Saat ini, saya berlatih untuk menghadapi kejurda INKAI yang akan dilaksanakan di bulan Oktober dan Kejurnas di bulan November. Saya berharap prestasi saya dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Wah Keren Sekali Sekar.. Kita Doakan yang Teman-teman, Semoga Harapan Sekar, Intan dan Ritnabila tercapai. Dan Jangan lupa, semua pengalaman mereka sangat berharga untuk motivasi kita. Apapun passion (bidang) kita, mari kita tiru semangat TIGA SRIKANDI SMASA ini!!