September 30, 2022

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Niat dan Usaha adalah Kunci Kemenagan Pramuka

2 min read

Kali ini tim pramuka SMAN 1 Probolinggo berhasil meraih kejuaraan. Lomba yang dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2022 ini diadakan oleh UPM (Universitas Panca Marga) Probolinggo. Tim SMAN 1 Probolinggo ini terdiri dari 8 orang. Zephyr Merlin Cherie Norman XI-G, Diana Novaningtyas XI – J, Bilqis Zaikra Uzlah XI-I, Amelia Fitrah Rukmana Hakim XI-D, Auriga Dhiva Eka Syahputri XI-C, Nora Riska Kamelia XI-D, Najwa Wahdania XI-E dan Pramudya Sinta Isabela XI-I. Tim ini dibentuk tanpa sengaja, jadi saat pendaftaran mereka mengajukan diri sendiri untuk mengikuti perlombaan ini, dengan ketentuan 1 sangga 8 orang, kebetulan pada saat itu yang mengajukan diri genap 8 orang, jadi terbentuklah tim tersebut.

            Lomba ini diadakan seperti lomba pramuka pada umumnya. Para peseerta lomba diharuskan mengikuti rute menuju setiap pos yang telah disiapkan oleh panita. Pada setiap pos tersebut mereka harus menyelesaikan tantangan yang ada agar dapat melanjutkan perjalanan. Bagi tim yang berhasil menuju pos terakhir pertama kali akan menjadi pemenang. Pos dalam lomba ini dibagi menjadi 3 bagian yang dibuat mengelilingi Desa Pabean, pos pertama untuk pengetahuan umum kepramukaan, pos kedua untuk menaksir tinggi, dan pos ketiga untuk PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat). Dalam penyelesaian tantangan ini anggota tim diuji kekompakan dan kerjasama timnya. Selain itu keterampilan mereka juga sangat diuji untuk dapat menyelesaikan tantangan yang ada.

            Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh tim Lentera kepada salah satu Tim Pramuka SMAN 1 Probolinggo, alasan mereka mengikuti perlombaan ini karena ingin berprestasi dalam kegiatan pramuka setelah sekian lama tidak aktif dikarenakan pandemi. Menurut mereka juga, saat ini waktu yang pas untuk mulai berprestasi. Mereka tidak mau hanya ikut ekstrakulikuker tanpa aktif mengikuti kegiatan-kegiatan lain untuk mengasah kemamuan dan minat dalam bidang pramuka. Selain itu, mengikuti kegiatan seperti ini juga dapat menambah relasi atau teman. Momen paling berkesan bagi mereka adalah pada hari-hari terakhir menjelang perlombaan. 5 hari menjelang perlombaan mereka masih belum siap dan masih sibuk berlatih dan menyiapkan segala keperluan. Persiapan ini menurut mereka sangat dipenuhi rintangan dan kesalahan yang membuat semakin berkesan. Mulai dari kesigapan Pradani untuk membantu persiapan dan juga peran kakak kelas untuk membatu melatih dan mengoreksi kesalahan pada saat latihan.

Tanpa di sangka, informasi kemenangan lomba ini didapat dari peserta yang berasal dari Leces, bahwa tim SMASA menangkan lomba ini.  ‘Kemenangan akan didapatkan jika mau memiliki niat dan mau berusaha’, begitulah moto kami. Tim Pramuka SMAN 1 ini memiliki tekat yang kuat untuk mengembalikan kejayaan Pramuka SMAN 1 Probolinggo agar tidak dipandang sebelah mata lagi, dari ditulah timbul semangat yang membara pada diri mereka hingga berhasil memenangkan perlombaan ini. Kami bangga dapat memenangkan perlombaan ini, meski persiapan yang dilalukan mendadak serta banyak rintangan lainnya. Perlombaan ini juga menambah pengalaman, keterampilan, pengetahuan, serta teman baru. Kami berharap pada perlombaan-perlombaan selanjutnya bisa SMAN 1 Probolinggo mendapatkan lebih dari juara harapan 1. ‘Terima kasih Tim Pramuka’, Semoga Tim Pramuka SMAN 1 Probolinggo semakin Jaya hingga ketingkat yang lebih tinggi.

–Naura – Lentera —