December 8, 2022

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

2 min read

Pada hari Jumat, 14 Oktober 2022 SMAN 1 Probolinggo memperingati hari  Maulid Nabi Muhammad SAW bertempat di masjid Nurul Yaqin SAMN 1 Probolinggo. Tema kali ini adalah “Gaungkan Semangat Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Kuatkan Hati, Teguhkan Diri, dan Tingkatkan Ketaqwaan Untuk Membentuk Generasi Unggul Penerus Bangsa”. Acara ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan tujuan mewujudkan rasa cinta dan rasa syukur kepada Allah atas kelahiran Nabi Muhammad SAW. Diawali dengan sholat dhuha dan istighasah lalu dilanjutkan dengan penampilan hadrah. Pembukaan acara oleh MC serta tilawah Al-Quran oleh Rohis. Sambutan Kepala SMAN 1 Probolinggo bapak Drs. Mohamad Zaini, M.Pd. mengambil tema hikmah  menanamkan rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW.

     Acara Maulid Nabi Muhammad SAW ini diisi oleh KH. Asnawi Sofyan. Banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil dari ceramah tersebut, yaitu menjalankan kewajiban dan menjauhi larangan Allah SWT. Sebagai generasi muda kita harus menjadi generasi yang unggul sebagai penerus bangsa. Untuk mewujudkannya dengan cara meneladani sifat Nabi Muhammad SAW. Selalu mengingat akhirat bukan hanya memikirkan kehidupan dunia saja yang bersifat sementara. Acara ini dilanjutkan dengan tanya jawab beserta quiz yang diikuti oleh bapak dan ibu guru serta siswa siswi SMAN 1 Probolinggo. Tak terasa pada ujung acara yang diakhiri dengan doa serta penampilan hadrah.   

      Adapun tanggapan  yang disampaikan dari E. Dinda Rashida dari kelas XI E pada saat  mengikuti acara Maulid Nabi Muhammad, ‘Acara Maulid Nabi Muhammad  ini terasa lebih hikmat karena pada saat acara berlangsung ada pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Ditambah lagi, dengan dakwah yang disampaikan oleh K.H. Asnawi Sofyan yang dapat menambah wawasan mengenai peran pemuda dalam meneladani Nabi Muhammad. Terdapat saran dan masukkan bagi panitia acara Maulid Nabi Muhammad yakni lebih dipersiapkan lagi segala yang diperlukan, seperti tempat untuk peserta.        Serta terdapat tanggapan dari anak kelas X yang baru pertama kali mengikuti acara Maulid Nabi Muhammad SAW  di SMAN 1 Probolinggo. Fani Indira Putri dari kelas X-A, mengungkapkan perasaannya selama mengikuti acara ini yaitu sangat senang karena bisa mendapatkan ilmu baru mengenai Maulid Nabi. Ceramah K.H. Asnawi Sofyan dapat mengingatkan kami pemuda penerus bangsa untuk tidak hanya mendengarkan dan menghafal lagu-lagu yang sedang viral  saja, melainkan kita juga harus mendengarkan dan menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an. Fani juga memberikan masukan kepada panitia acara untuk lebih memperhatikan dan mempersiapkan tempat bagi peserta.