December 8, 2022

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

GPPP (Giat Prestasi Pramuka Penegak) 2022

2 min read

SMAN 1 Probolinggo tak habis-habisnya menorehkan prestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Nah, untuk saat ini SMAN 1 Probolinggo kembali meraih beberapa juara dalam lomba yang diikuti yakni, Giat Prestasi Pramuka Penegak (GPPP). Para peserta lomba mempersiapkan segala hal dengan sangat serius dan konsisten. Mereka seperti tidak mengenal lelah dalam menjalani latihan pramuka. Dari sepulang sekolah sampai menjelang maghrib, bahkan bisa dilanjut lagi setelah maghrib.

GPPP ini berlangsung pada tanggal 29 hingga 30 Oktober 2022 bertemoat di RTH Probolinggo. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai perwakilan sekolah tingkat SMA di kota. Tanggal 29 Oktober 2022 sesampai di lokasi GPPP kegiatan diawali dengan upacara pembukaan. Setelah itu segera membangun tenda dan menyiapkan barang yang akan digunakan saat lomba. Dilanjutkan dengan lomba-lomba yang dilaksanakan hingga sore hari. Pada 30 Oktober 2022 diawali dengan senam pagi dan sore hari nya ditutup dengan pengumuman pemenang dan upacara penutupan. Lomba yang diadakan pada hari Sabtu merupakan lomba kelompok, seperti lomba pionering, PBB tongkat, dinamika sangga, dan juga padusa. Sedangkan, pada lomba individu yaitu karikatur, debat, sinematik, serta PPGD.

Tentunya ada kesulitan yang dihadapi, seperti selama persiapan berlangsung yaitu mengumpulkan anak-anak dalam menyiapkan lomba serta keterbatasan waktu. Tetapi kegiatan ini sangat memberikan kesan, yakni tidak menyangka dapat memenangkan beberapa lomba karena awalnya merasa minder dengan sekolah lain, tetapi nyantanya kita bisa dapat membawa pulang 9 piala. Kerjasama tim merupakan faktor kemenangan, melatih kerja sama dan harus saling melengkapi terutama pada saat beberapa anak yang tidak kumpul pada saat persiapan agar menjadi efektif. Menurut peserta GPPP ada beberapa keunggulan dari SMAN 1 Probolinggo sehingga dapat memenangkan 9 lomba yaitu saling percaya antar sesama dan saling memberi dukungan. Kemenangan ini harus kita bersyukur inamun walau merasa kurang puas. Adapun harapan mereka untuk ke depannya adalah mendapatkan juara umum serta dipermudah segala faktor pendukung.