Ole777

Ole777

July 19, 2024

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

‘Reva’ Juara Favorit Duta GenRe 2022

1 min read

Revalyra Ayudhya siswi SMAN 1 Probolinggo dari kelas X-A telah meraih juara Favorit pemilihan Duta GenRe tahun 2022. Tujuan dari pemilihan Duta GenRe ini adalah menyiapkan kader yang berkualitas sebagai pedoman bagi remaja di Indonesia. Program pemerintah melalui BKKBN ini menyiapkan kehidupan berkeluarga sedari remaja demi pengendalian penduduk serta mewujudkan yaitu generasi emas ditahun 2045.

Tahap yang harus dilalui Reva dalam pemilihan duta genre ini antara lain tes tulis, tes administrasi, tes wawancara, tes penyuluhan, tes minat dan bakat. Begitu memasuki grand final, Reva harus melatih pengetahuan tentang 8 substansi GenRe.

Duta GenRe kota probolinggo diadakan setiap 1 tahun sekali mulai tahun 2019 hingga saat ini dan akan terus berkelanjutan. Salah satu event terbesar dari program BKKBN dan Insan GenRe ini adalah pemilihan Duta GenRe ditingkat Kota dan Nasional yang diadakan bulan Oktober hingga Desember. Sedangkan Pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi diadakan bulan Maret hingga Mei.

Kabar gembira untuk warga SMAN 1 Probolinggo! Tahun ini adalah awal pengkaderan insan GenRe di SMAN 1 Probolinggo melalui ekstrakurikuler PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja). PIK-R ini yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. PIK-R SMAN 1 Probolinggo, ‘PIK-R Soekarno yang sudah mulai bangkit’