Ole777

Ole777

February 21, 2024

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

HARI BELA NEGARA 2023

2 min read

Hari Bela Negara jatuh pada tanggal 19 Desember 2023 dan tahun ini merupakan peringatan ke 75 tahun.  Momentum penting ini bertujuan untuk mengingat kembali semangat patriotisme dan cinta Tanah Air. Hari bersejarah ini juga diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari Selasa 19 Desember 2023, SMAN 1 kota Probolinggo memperingati hari Bela Negara dengan cara melakukan upacara bendera. Hari Bela Negara yang sejatinya baru di peringati 3 tahun terakhir ini tidak mengurangi rasa khitmad dan syukur atas karunia Ilahi yang telah melepaskan belenggu penjajahan Belanda dari tanah air tercinta ini. Hari Bela Negara yang ke-75 ini  mengusung tema “Korbankan Bela Negara Untuk Indonesia Maju.” Harapkan dari peringatan hari bersejarah ini adalah agar dapat memotivasi serta meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya peran setiap warga negara dalam menjaga keutuhan dan keamanan bangsa.

Adapun sejarah dari hari Bela Negara ini adalah terkait agrasi militer II Belanda, tepatnya tanggal 19 Desember 1948. Agresi militer ini terjadi saat ibu kota Negara Indonesia ada di Yogyakarta, dimana Belanda menangkap tokoh-tokoh penting nasional seperti Presiden Ir. Soekarno, wakil presiden Drs. Mohammad Hatta dan perdana menteri Mr. Sutan Syahrir. Hal ini menyebabkan ibu kota Negara jatuh. Kemudian pemerintah Indonesia membentuk pemerintahan darurat Republik Indonesia  atau di singkat PDRI di Bukittinggi Provinsi Sumatra Barat. Sesuai mandat presiden Indonesia Ir. Soekarno, Sjafruddin Prawiranegara menjalankan pemerintahan dengan membentuk dan mendeklarasikan berdirinya PDRI di Bukittinggi. Berkat adanya PDRI, eksistensi kepemimpinan Republik Indonesia masih dapat di pertahankan di tengah Agresi Militer Belanda II. Peristiwa inipun menjadi tonggak sejarah yang sangat penting bagi rakyat Indonesiadalam upaya menjaga tetap tegaknya NKRI. Penetapan Hari Bela Negara ini di gagas oleh Presiden ke 6 RI bapak Susilo Bambang Yudhoyono pata tahun 2006.