Ole777

Ole777

April 16, 2024

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Seminar Peningkatan Kompetensi Guru

1 min read

Komunitas belajar SMASAPRO TEPE TEPE telah mengadakan Seminar Hybridnya yang perdana, tanggal 8 Maret 2024 di Aula Agrapana SMAN 1 Probolinggo. Seminar ini bertema ‘Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Perannya Sebagai Partisipan Observasi Praktik Pembelajaran di platform Merdeka Mengajar’
Seminar yang diikuti sekitar 70-an peserta daring via zoom dan Youtube, dan sekitar 50-an peserta luring. Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Probolinggo, Drs. Mohamad Zaini, M.Pd sebagai Keynote Speaker berpesan pada bapak ibu guru yang akan melaksanakan observasi kinerja agar tidak perlu khawatir dengan kehadiran dari tim PKG di kelas, karena sejatinya tim PKG tersebut tidak memberikan penilaian kepada bapak ibu di kelas, namun hanya sekedar mengamati perilaku kinerja bapak ibu guru untuk memperoleh gambaran awal apa saja yang perlu ditingkatkan kinerjanya.
Sejalan dengan itu, para narasumber yaitu bapak Mujiono, M.Pd dan bapak Heky Hendrasto, M.Pd juga menjelaskan bahwa penilaian kinerja guru dalam kurikulum merdeka ini dilaksanakan menggunakan pendekatan coaching saat pra observasi dan pasca observasi. Ibu Luza Qodriyanti, M.Pd sebagai narasumber terakhir menjelaskan secara rinci bagaimana langkah langkah yang perlu dilakukan guru serta tim PKG/ Kepala Sekolah dalam pengisian pengelolaan kinerja di Platform Merdeka Mengajar.
Acara Seminar Hybrid yang dimulai pukul 13.00 dan rencanaya diakhiri pukul 15.00 ternyata molor dari jadwal karena padatnya materi dan antusias peserta daring serta luring yang mengajukan pertanyaan, sehingga acara diakhiri sekitar pukul 15.20 WIB.
Terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang sudah menyukseskan giat komunitas belajar SMASAPRO TEPE TEPE hari itu. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi kita semua.

More Stories