August 4, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Rujukan

Wisuda Tahun 2019

2 min read

WISUDA SMA NEGERI 1 PROBOLINGGO

TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019

Kamis, 2 Mei 2019, SMA Negeri 1 Probolinggo telah melaksanakan agenda tahunan, wisuda siswa kelas XI MIPA A dan XII MIPA dan IPS, bertempat di halaman sekolah dengan sajian pra acara untuk menyambut tamu berupa lagu-lagu dari grup band siswa dan musik kolaborasi. Tamu yang hadir meliputi wali siswa, komite, dewan pendidikan, pengawas SMA, Cabang Dinas Pendidikan provinsi Jawa Timur, dan Asisten Pemerintahan Kota Probolinggo mewakili Walikota Probolinggo.

Wisudawan kali ini berjumlah 257 siswa, terdiri dari 18 wisudawan dari kelas XI MIPA A, 168 wisudawan dari kelas XII MIPA, dan 71 wisudawan dari kelas XII-IPS. Semua wisudawan telah menyelesaikan seluruh program pendidikan di sekolah selama 4 semester untuk program percepatan dan 6 semester program reguler.

Dari acara wisuda tersebut disampaikan juga wisudawan wisudawan yang sudah diterima di berbagai perguruan tinggi, Politeknik Kesehatan Malang, Politeknik Jember, Politeknik Negeri Malang, Universitas Negeri Jember, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Airlangga Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Institut Pertanian Bogor. Keseluruhan sementara sampai saat acara ini diselenggarkan, berjumlah 53 siswa. Juga disampaikan nama-nama wisudawan dengan peringkat nilai sekolah untuk masing-masing program berikut ini.

Program Peminatan MIPA 

No

Nama

Kelas

Jumlah Nilai

Rata-rata Nilai

Peringkat

1

Fatih Muhammad Rifqi

XI MIPA A

2885

90,00

1

2

Annisa’ Priyadna Putri

XI MIPA A

2882

89,70

2

3

Alifah Ainun Hasari

XI MIPA A

2864

89,40

3

Program Peminatan IPS 

No

Nama

Kelas

Jumlah Nilai

Rata-rata Nilai

Peringkat

1

Baiq Elma Purnamawadita

XI IPS A

2855

89,43

1

2

Wahyu Cahyono Putro

XI IPS A

2819

88,23

2

3

Tiara Nurlaily

XI IPS B

2818

88,20

3

Dilanjutkan pengukuhan dan pemberian selamat kepada para wisudawan yang diawali dengan sajian sebuah lagu berjudul “Ayah” dinyanyikan duet wisudawan, Al hakim Fikri kelas XII IPS B dan Dhea Saraswati kelas XI MIPA A. Mereka juga memberikan rangkaian bunga untuk Kepala Sekolah. Hadirin terhanyut terkesima dalam sajian tersebut. Setelah sajian lagu selesai, prosesi wisuda diiringi lagu-lagu dari kelompok paduan suara Smacovo, dilaksanakan dengan tertib dan khidmat sampai dengan selesai. Kemudian pembacaan Ikrar Wisudawan.

Selain pemberian penghargaan bidang akademik, juga pemberian piagam penghargaan kepada wisudawan di bidang non akademik. Yakni, Kesdhik Bandu Byantoro dari kelas XII IPS A, Al Hakim Fiqri kelas XII IPS B, dan Gayatri Safa Ramadhanty dari kelas XII IPS B, serta beberapa wisudawan halaf Al Quran.

Setelah itu penyerahan kembali siswa dari kepala sekolah Bapak Drs. Mohamad Zaini, M.Pd. kepada wali wisudawan yang diwakili oleh Bapak Ir. H. Rofiq Ali Pribadi, berikutnya kesan dan pesan wisudawan oleh Moch. Farhan Fidrusyah. Pada rangkaian acara wisuda juga dipersembahkan tayangan video memorial wisudawan selama menjadi siswa-siswi SMA Negeri 1 Probolinggo dengan segala kenakalan, kelucuan, kejeniusan, dan kebersamaan mereka. Haru biru dan gelak tawa lirih mewaranai kenangan mereka. Acara wisuda berakhir setelah penyerahan penghargaan kepada wisudawan, dan diakhiri doa bersama.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan Wisuda tahun 2019