October 25, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

STUDI BANDING SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA

3 min read

STUDI BANDING

IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS)

SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA

 

Senin, 25 Maret 2019, SMA Negeri 1 Kota Probolinggo sebagai sekolah terintegritas, sekolah adiwiyata mandiri, serta sekolah rujukanpenyelenggara implementasi Sistem Kredit Semester (SKS), menerima tamu studi banding dari SMA Islam Al Ashar 9 Yogyakarta. Rombongan hadir di SMA Negeri 1 Probolinggo sekitar pukul 08,00 waktu setempat, disambut oleh jajaran pimpinan sekolah, guru, karyawan, dan tim paduan suara yang dikenal dengan SMACHOVO (SMASA Choir and Voice dilanjutkan untuk sesi foto bersama.

Setelah itu para tamu menuju aula utama yang berada di lantai dua untuk mengikuti serangkaian acara ceremonial. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh penata acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMA Negeri 1 Probolinggo. Acara berikutnya, sambutan dari Kepala SMA Negeri 1 Probolinggo Drs. Mohamad Zaini, M.Pd. beliau menyampaikan selamat datang kepada rombongan dan terima kasih atas kepercayaan untuk belajar bersama di SMA Negeri 1 Probolinggo.

Peserta didik era milenial tuntutan hidup semakin rumit. Demikian juga tuntutan di dunia pendidikan harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Peserta didik dituntut memiliki kemampuan lebih. Untuk jenjang SMA dipersiapkan bagi mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Agar bisa diterima di PTN maka harus diupayakan semaksimal mungkin daam pembelajaran selain dari individu peserta didik itu sendiri. Juga penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional. Ini sangat membantu dan memberi nilai tambah bagi mereka. Kejuaraan yang diperoleh dengan bukti kepemilikan piagam akan menjadikan sebagai nilai tambah tersendiri. Alhamdulillah tahun 2019 ini, SMA Negeri 1 Probolinggo masih terbanyak untuk SNMPTN dari wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo.

Sambutan selanjutnya oleh Drs. H, Bashori Muhammad, MM selaku Kepala SMA Islam Al Ashar 9 Yogyakarta. Dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa kali ini merupakan kali kedua hadir di SMA Negri 1 Probolinggo, kali pertama bersama rombongan kepala sekolah se-Yogyakarta. Hari ini hadir bersama rombongan terdiri atas, wakil pimpinan yayasan bidang HRD, para wakil kepala sekolah, Kepala SMP, guru-guru SMA-SMP, serta beberapa staf administrasi.

SMA Islam Al Ashar Insyaallah tahun 2019 akan mengimplementasikan pembelajaran sistem SKS. Pada kesempatan studi banding ini ingin belajar bersama tentang sistem SKS  paradigma baru, penyusunan UKBM, serta bagaimana manajemen pembelajaran SKS di sekolah. Semoga program studi banding ini menjadi amal jariah bagi Bapak Ibu Guru SMA Negeri 1 Probolinggo. Aamiin.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata dari masing-masing sekolah. Setelah itu penayangan video profile SMA Negeri 1 Kota Probolinggo, dan acara ceremonial ini diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Moh. Iqbal Ghazali, M.HI. dari SMA Islam Al Ashar 9 Yogyakarta.

Ceremonial selesai. Acara dilanjutkan dengan paparan Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) dengan nara sumber Mujiono, M.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Pada kesempatan ini disampaikan panjang lebar tentang awal pembelajaran SKS dengan segala tantangan dan kesulitan yang dihadapi, hingga terumuskan SKS paradigma baru berbasis UKBM yang sangat menguntungkan peserta didik dengan keberagaman dalam pembelajaran. Setelah mendengar paparan tersebut dan bertanya jawab seputar SKS dan UKM, para tamu ishoma sebelum melakukan tinjauan lapangan.

Setelah selesai malakukan tinjauan lapangan, sekitar pukul 13.15, rombongan tamu meninggalkan SMA Negeri 1 Probolinggo untuk melanjutkan kegiatan di Kota Batu. Dengan slogan Maju Bersama Hebat Semua, SMA Negeri 1 Kota Probolinggo siap mengajak sekolah-sekolah lain untuk berkemajuan.