May 16, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Rujukan

Studi Lapangan Pembelajaran Terintegrasi Lingkungan

2 min read

Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah Untuk meningkatkan kompetensi sumberdava peserta didik agar mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan untuk memenuhi tuntutan kurikulum 2013.

Pada semester ganjil tahun pelajaran 2019-2020 peserta didik diharapkan mampu secara mandiri maupun kelompok rnelakukan pengamatan dan memiliki kepekaan terhadap masalah lingkungan alam maupun sosialnya. Mengacu pada “Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang terkait pada masing-masing mata pelajaran pada program MIPA maupun IPS maka sebagai bentuk realisasi aplikasi keilmuan dari masing-masing program tersebut, akan dilakukan Kegiatan studi lingkungan terintegrasi. Hal ini merupakan bentuk pembelajaran diluar kelas yang bertujuan agar peserta didik mampu melakukan pengamatan dan menganalisa permasalahan langsung yang dihadapi oleh lingkungan. Sehingga secara terpadu ilmu sosial maupun ilmu alam yang telah dipelajari secara teoritis dan buku-buku materi pembelajaran dapat aplikasikan pada kondisi riil di lingkungan.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menambah wawasan peserta didik kelas X Program MIPA dan IPS SMA Negeri I Probolinggo tentang lingkungan hidup. Sebagai sekolah penyelenggara kurikulum 2013 yang ingin mencetak peserta didik agar memiliki kepekaan terhadap lingkungan baik lingkungan alam maupun sosial dan mampu menyelesaikan masalah secara mandiri setiap masalah yang dihadapinya.
  2. Untuk mengembangkan kemampuan dalam menggali informasi, menambah dan meningkatkan pengalaman serta wawasan peserta didik kelas X program MIPA maupun IPS SMA Negeri I Probolinggo dalam upaya meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia.
  3. Untuk memberikan pembelajaran pada peserta didik terkait  kepedulian terhadap lingkungan alam.

Waktu pelaksanaan kegiatan ini mulai tanggal 21 November 2019 sampai dengan 23 November 2019 yang terbagi menjadi 2 gelombang yaitu :

Gelobang 1 diikuti oleh Peserta didik kelas X Mipa A, Mipa B, Mipa C, dan IPS A

Gelombang 2 Diikuti oleh kelas X Mipa D, Mipa E, Mipa F, IPS A, dan IPS B

Kegiatan ini dilaksanakan SMAN 1 Probolinggo di (Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup) PPLH Seloliman Trawas – Mojokerto

Berikut beberapa kegiatan yang dilaksanakan di PPLH Seloliman :

  1. Pembukaan
  2. Aturan main
  3. Materi Adiwiyata
  4. Observasi lokasi PPLH dan Praktek materi
  5. Membuat Laporan
  6. Presentasi (Sharing dan Diskusi)
  7. Senam bersama
  8. Jelajah Hutan
  9. Evaluasi