January 22, 2022

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

EKSPO SMASA 2021

3 min read

Gebyar Ekspo SMASA 2021 merupakan rangkaian kegiatan Roots Day Gebyar SMASA. Setelah melalui beberapa acara pelepas penat PAS Penilaian Akhir Semester Ganjil, tibalah di penghujung acara, yaitu eksplorasi bakat siswa-siswi SMAN 1 Probolinggo. Ekspo Gebyar SMASA 2021 ini berlangsung selama 3 hari, tanggal 13 hingga 15 Desember 2021. Namun demikian waktu 3 hari serasa belum cukup untuk di berikan kepada warga SMASA. Itu artinya acara ini benar-benar sukses. Ekspo Gebyar SMASA 2021 seolah menjadi pengobat rindu warga SMASA terhadap acara PENSI (Pentas Seni) yang sedianya di adakan setahun sekali. Seperti yang kita ketahui bersama, situasi pandemi ini masih menjadi alasan untuk menghentikan acara PENSI atau ADKRS (istilah untuk SMAN 1 Probolinggo, Adi Karya Seni SMASA).

Acara Gebyar Ekspo ini di awali pembukaan oleh bapak M. Zaini selaku Kepala SMAN 1 Probolinggo. Kemudian pembacaan Al Qur an dan sari tilawah oleh Ahmad Irfan Maulana (XB) dan Widianingsih (XI MIPA E). Acara ketiga adalah Hadrah dengan kolaborasi bapak Abd Wafi dan pak Najib. Lalu Mahayana Dancer unjuk kebolehan dengan tarinya. selanjutnya Story Telling oleh Sesilia (X I) dan di tutup oleh peragaan busana model SMASA dan Paguyuban PUTSEM pada hari pertama ini. Panggung Gebyar Ekspo SMASA ini bukan satu-satunya pertunujukan yang di sajikan. Eksplorasi bakat siswa juga di tunjukkan dengan hasil karya projek 5P (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Hasil karya projek 5P ini di letakkan dalam satu tenda dengan stand yang terdiri dari stand kelas XA hingga kelas XI. Didalam stand kelas X tersebut memiliki keunikan yang berbeda-beda seperti olahan makanan tradisional, olahan makanan modern, hasil daur ulang, seni grafier, dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat stand double track yang telah di kembangkan SMAN 1 Probolinggo, yang terdiri dari kewirausahaan, kecantikan dan membatik. Ekspo projek 5P dan double track ini juga berlangsung selama tiga hari juga. Tidak ketinggalan bapak Kholis Hasyim, pengawas SMA wilayah Probolinggo menyempatkan diri berkunjung di kegiatan ekspo ini. Bapak Khalis menunjukkan rasa bangga dengan mengunjungi setiap stand Ekspo dan berfoto serta membeli beberapa produk buatan siswa. Terrima kasih bapak Khalis, atas kunjungan dan kesan yang di berikan kepada kami.

Hari Kedua, Selasa 14 Desember 2021, di awali oleh Nurul, yang memberikan tausiahnya. Ini sebagai icon generasi berakhlak, bahwa eksplorsi bakat siswa-siswi SMASA tidak hanya berisi hiburan melainkan pesan moral. Selanjutnya ada Erdian dengan bakatnya geguritan. Erdian menunujukkan bahwa SMAN 1 Probolinggo tidak meninggalkan budaya lokal atau adat Jawa. Kemudian musik Islami unjuk kebolehan setelah sebelumnya menang sebagai juara umum di peringatan hari santri. SPARTA Putri menampilkan kebolehannya di lapangan basket SMASA. Ahmad Rasyid Takahisa menunjukkan kepiawaiannya dengan budaya Jepang dan TRESSA atau Teater SMASA menjadi acara penutup. Acara ekspo hari kedua mendapatkan respon sama seperti hari pertama, Anak-anak tetap antusias mengikuti penampilan teman-temannya. Bukan hanya penampilan siswa, bapak Zain berserta guru dan karyawan juga turut menampilkan kebolehannya berkolaborasi dengan Pegazus Band.

Di hari ketiga, Rabu 15 Desember 2021 di mulai dengan musik dari grup SAC. Kemudian Ekstra Bahasa Jepang mengenalkan cerita rakyat negeri Sakura. SMACOVO atau paduan suara SMASA menampilkan lagu wajib yaitu Mars SMASA dan beberapa lagu nasional. Selanjutnya Tim Karate SMASA yang terdiri dari Ritnabila, Intan dan Erisa. Terakhir di tutup oleh pertunjukkan CHEERSONE.