September 30, 2022

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Pancarkan Cahaya ISRA MI’ RAJ Untuk Meningkatkan Keimanan

2 min read

Halo!, apakabar teman teman semua, pasti kalian sudah merindukan artikel artikel tentang SMAN 1 Probolinggo ya. Nah kini lentera hadir kembali membawakan artikel terbaru. Tidak lama kemarin umat Muslim baru saja memperingati peristiwa peristiwa isra mi’raj. Bagi umat muslim, peristiwa isra mi’raj menjadi salah satu peristiwa penting yang diperingati setiap tahunnya. Peristiwa yang terjadi pada 27 Rajab ini merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit ke 7 dan juga turunnya perintah dari Allah untuk melaksanakan ibadah umat muslim yang paling utama yaitu sholat. Kini setiap tanggal 27 Rajab, umat muslim mengadakan acara untuk memperingati peristiwa tersebut dengan berbagai macam caranya sendiri. SMAN 1 Probolinggo juga turut mengadakan acara peringatan Isro miroj, acara ini diadakan oleh OSIS dan MPK SMAN 1 Probolinggo pada tanggal 2 Maret 2022. Acara ini diadakan dengan 2 mekanisme, secara daring maupun luring dikarenakan keadaan yang belum memungkinkan untuk siswa agar dapat masuk 100%. Siswa yang mengikuti luring adalah siswa kelas 10 dan 11 yang sesi masuk sekolahnya bertepatan dengan diadakannya acara tersebut. Sedangkan siswa yang mengikuti daring ikut serta mengikuti acara dari rumah masing-masing melalui live streaming YouTube dan mengerjakan tugas untuk membuat resume acara. Karena acara pada kali ini adalah acara keagamaan bagi umat muslim maka seluruh siswa yang masuk luring diwajibkan untuk mengenakan busana muslim.

Tepat pada pukul 7 pagi siswa yang masuk luring menuju Masjid SMAN 1 Probolinggo untuk melaksanakan sholat dhuha dan istighosah bersama setelah itu ada pembacaan Tilawatil Al- Quran yang dibacakan oleh Irfan dari kelas X.B. Sedangkan streaming YouTube dimulai pada pukul 7.30 dikarenakan ada gangguan internet. Setelah pembacaan  Tilawatil Al- Quran selesai terdapat sambutan sambutan sebelum acara utama dimulai, setelah sambutan selesai acara dilanjutkan dengan Sholawat Qiyam dan Hadrah hingga pukul 8.30.

Ceramah agama dan sesi tanya jawab dimulai setelah Sholawat Qiyam dan Hadrah selesai. Ceramah agama kali ini menceritakan tentang hikmah isro miroj yang dikaitkan dengann kehidupan sehari- hari sebagai pelajar. Setelah sesi ceramah agama selesai acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, panitia telah menyiapkan hadiah bagi yang membuat pertanyaan paling menarik, bagi siswa daring juga dapat menanyakan pertanyaannya melalui questions box yang dibuat oleh OSIS pada Instagram @osis.smasapro. Setelah semua rangkaian acara utama selesai, acara ditutup dengan doa bersama. Setelahnya doa bersama ada penampilan hadrah oleh Rohis SMAN 1 Probolinggo hingga pukul 10.25, setelah penampilan selesai siswa dipersilahkan kembali ke kelas masing- masing dan persiapan utuk pulang. Acara ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi seluruh warga SMAN 1 Probolinggo dan menambah keimanan setiap siswa yang mengikutinya. Nah, itu tadi adalah kegiatan Isro Miroj yang diadakan oleh OSIS dan MPK SMAN 1 Probolinggo, bagaimana? Seru dan menarik bukan. Ditunggu event- event selanjutnya ya. See you