September 30, 2022

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Ritnabila Tidak Takut Gagal dan Raih Kemenangan

1 min read

Tak kunjung henti SMAN 1 menorehkan prestasinya, baik di bidang akademik maupun non akademik. Kali ini seorang siswi SMAN 1 berhasil meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu di cabor karate. Namanya Ritnabila Renesya Panca, ia memulai perjalanan di cabang olahraga karate ini sejak duduk di bangku SD, tepatnya pada umur 9 tahun. Dengan bantuan pelatih yang sangat sabar dan dukungan motivasi yang sangat besar dari sang ayah, dapat membantu Ritnabila menekuni cabor ini sehingga dapat menjuarai Directur Cup POLTEK Jember.

Tentunya untuk mendapatkan juara, Ritnabila harus tekun berlatih. Ia berlatih setiap hari, kecuali hari Kamis. Ia juga latihan di rumah untuk mengembangkan kemampuannya, serta latihan fisik. Dalam menjalani sesuatu tentunya pasti akan menghadapi kesulitan, begitu juga dengan Ritnabila. Ia mengalami kesulitan saat melakukan persiapan sebelum perlombaan, diantaranya kondisi fisik yang kurang mendukung dan hal-hal yang tak terduga terjadi. Dari banyaknya pesaing dari berbagai sekolah, Ritnabila juga harus menguatkan mentalnya, berusaha untuk selalu tenang, dan tidak demam panggung. Tidak lupa untuk selalu fokus, karena lawan-lawan yang bertanding dengannya memiliki perbedaan yang jauh dari segi umur dan jenang tentang perlombaan.

Atas ketekunannya itulah ia berhasil mendapatkan juara. Ia sangat senang dan tentunya sangat bersyukur karena piagam kejuaraan tersebut dapat menjadi tiket masuk POLTEK Jember tanpa tes. Semua itu ia dapatkan atas ketekukanan dan sifat pantang menyerah yang ia miliki. “Kegagalan itu hanyalah sebelah mata, tapi kemenangan adalah bentuk suka cita untuk orang tua kita.” ucap Ritnabila.

–Rafa Aurelia – Lentera —