Ole777

Ole777

April 15, 2024

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

BLK dan DisNaKer Kuatkan Double Track SMAN 1 Probolinggo

2 min read

SMAN 1 Probolinggo sebagai sekolah penggerak di Probolinggo telah merintis Double Track sejak tahun pelajaran 2021-2022. Sesuai misi dan visi SMA Double Track yaitu mengurangi potensi pengangguran dari Lulusan SMA sederajat, terutama bila tidak melanjutkan pendidikan ke Jenjang perguruan tinggi. Dengan misi membekali ketrampilan siswa SMA kelas X dan XI dan alumni melalui program ketrampilan terintegrasi sehingga siswa memiliki skill dan di harapkan bisa bekerja ataupun berwirausaha setelah lulus dari pendidikan SMA. Hal inilah yang menjadi alasan SMAN 1 Probolinggo melaksanakan program Double Track Mandiri terutama untuk siswa-siswi SMASA yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Dinas Tenaga Kerja kota Probolinggo dan BLK Kota Probolinggo membuka kesempatan dengan memberikan ketrampilan menjahit, perkayuan, furniture, fotografi dan meracik kopi barista, membatik, tata rias dan pelatihan komputer untuk program Double Track SMAN 1 Probolinggo. Kerja sama program Double Track ini didanai oleh APBD kota Probolinggo bagi siswa warga Kota Probolinggo dikelola oleh dinas tenaga kerja kota Probolinggo atau disnaker, sementara siswa dari luar kota Probolinggo menggunakan dana APBN dikelola oleh BLK kota Probolinggo. Ada banyak keuntungan dari kerjasama program Double Track dengan BLK dan Disnaker ini yaitu tidak dipungut biaya alias gratis dan tersedianya uang transport, seragam, materi, souvenir dan lain-lain.

SMAN 1 Probolinggo menyambut kerjasama program Double Track Mandiri ini dengan melakukan pendampingan untuk 26 alumni yang telah mendaftarkan diri mengikuti pelatihan gratis ini. “Alhamdulillah Pelatihan kopi barista yang menjadi salah satu kejuruan telah dimulai sejak Senin tanggal 15 Mei 2023 selama satu bulan yang diikuti 5 siswa. Pada hari Jumat 19 Mei 2023 pelatihan menjahit juga mulai diseleksi dan akan mengikuti pelatihan selama satu bulan yang diikuti oleh 2 siswa”, Ujar Abd. Wafi selaku koordinator double track mandiri dan Halis Rodiwarsito selaku waka Humas SMAN 1 Probolinggo. Begitu juga pelatihan kejuruan yang lain akan segera di laksanakan.

More Stories