Ole777

Ole777

April 15, 2024

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Dosen Fak. Kedokteran ITS Berbagi Ilmu Di SMASA

2 min read

Menjadi mahasiswa ITS bukan lagi impian karena harapan sebagian besar siswa-siswi SMASA itu telah di capai dengan kuliah singkat oleh 10 dosen ITS langsung di SMAN 1 kota Probolinggo. Jumat tangggal 6 Oktober 2023 SMAN 1 kota Probolinggo kedatangan tamu spesial dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Kampus nomer satu di Jawa Timur ini memilih SMAN 1 kota Probolinggo sebagai kegiatan ‘Pengabdian kepada Masyarakat’. Dengan menempati empat ruang di SMASA, para dosen dan 4 tenaga administrasi serta 40 mahasiswa ITS ini menebarkan ilmu untuk siswa-siswi SMAN 1 kota Probolinggo. Adapun ilmu yang di bagikan untuk kelas A adalah Pelatihan Bantuan Hidup Dasar pada Siswa SMA dengan nara sumber dr. Putri Alief S, M.T, dr. Ratri Dwi Idriani, Sp. An. FIP, dr. Zain Budi Syulthoni, Sp. KJ dan dr. endah Indriastuti, Sp. PK. Sedangakan pada kelas B di pandu oleh pak Irza Ahmad Salsabilla, S.Kom, M.Kom dan Dr. Shoffi Izza Sabilla, S.Kom dengan materi Pelatihan Pembuatan Website di Lingkungan Sekolah. Kemudian kelas D berisi materi Inisiasi Start-Up Berbasis Digital Fabrication Untuk Membantu Tuna Daksa di Probolinggo dengan pemateri pak Djoko Kuswanto, S.T., M.Biotech. dan terakhir di kelas C dengan materi Pemngembangan Media Pembelajaran Berbasis Tools AI oleh pak Yuri Pamungkas, S.Tr.T, M.T.

Sebelum kuliah singkat di mulai para narasumber atau dosen dan pengisi materi memperkenalkan diri dalam acara pembukaan di Aula Argrapana. Dr. Ir. Adhi Darma Wibawa, S.T., M.T selaku ketua Program Studi Teknologi Kedokteran ITS menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang di berikan warga SMAN 1 kota Probolinggo. Dr. Adhi juga memberi kesan positif atas alumni SMASA hingga sudah menjadi dosen di ITS juga. Bahkan ada juga alumni SMASA yang berkarir hingga ke tingkat Nasional atau di kementrian Kesehatan RI. Pada sesi berikutnya bapak kepala SMAN 1 kota Probolinggo memberi sambutan atas kehadiran para dosen, mahasiswa dan tim administrasi di sekolah kami. Pak Zaini sangat mengharapkan hubungan baik ini akan berlanjut dengan kegiatan study kampus ke ITS juga. Pak Zaini sangat yakin bahwa siswa-siswi SMASA mampu bersaing dengan lulusan SMA di surabaya untuk menjadi mahasiswa di ITS.

Kuliah sehari dengan dosen ITS terasa sangat singkat, hal ini tampak pada raut wajah siswa-siswi SMASA yang nampak puas mengikuti kegiatan perkulihan. Materi-materi yang berbobot dari dosen ITS pasti susah sekali di dapat, ditambah lagi dengan satu kotak makanan yang di sediakan para pemateri tentu menjadikan anak-anak semakin bersemangat belajar. Sebelum acara penutupan, para dosen, pembawa acara dan guru-guru SMASA melakukan foto bersama, begitu juga para siswa menyempatkan diri untuk mengambil kesempatan untuk foto bersama. Terakhir, para pemateri dari ITS memberi kenang-kenangan kepada SMAN 1 kota Probolinggo. Terima kasih atas kehadiran pada pemateri ITS dan telah berbagi ilmu kepada kami. Semoga hubungan baik ini terjalin selamanya.

More Stories