Ole777

Ole777

May 21, 2024

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

PESTA DEMOKRASI SMASA 2023

2 min read

‘Pesta Demokrasi’ adalah istilah lain dari PEMILU (Pemilihan Umum) yang dikumandangkan pertama kali tahun 1982 oleh bapak Soeharto, presiden kita pada masa itu. Istilah Pesta Demokrasi ini digunakan karena pada masa pemilihan umum ini masyarakat melakukannya dengan suka cita dengan rasa kegembiraan dan antusiasme yang tinggi karena telah memiliki kedewasaan politik yang sudah matang, begitulah presiden Jokowi menyampaikan dalam pidato kenegaraannya, Kamis (16/8/2018) di kutip dari https://tirto.id/dbqJ. Lalu pantaskan SMAN 1 kota Probolinggo menggunakan istilah Pesta Demokrasi pada pemilihan ketua OSIS dan MPK? jawabannya adalah pantas. Bapak M. Zaini selaku kepala sekolah selalu menyambut dengan antusias setiap kali pemilihan ketua OSIS dan MPK setiap tahunnya. Pak Zain merasa bangga dengan kegiatan PEMILU di SMASA karena moment ini adalah proses pembelajaran kepemimpinan untuk semua siswa-siswi SMASA sebagai calon pemimpin Indonesia Emas tahun 2045.

Layaknya Pesta Demokrasi sesungguhnya, para kandidat ketua OSIS dan MPK secara bergantian menyampaikan visi-misinya sebagai calon pemimpin. Dengan di saksikan seluruh warga SMASA mulai dari siswa, guru hingga tenaga STAF sebagai juri dan saksi hidup untuk pertanggung jawaban mereka selama satu tahun kedepan.Para warga SMASA tampak puas dengan semua orasi calon pemimpin mereka, karena semuanya sangat bagus dan positif untuk SMASA. Dengan bertepuk tangan pemberian dukungan tak henti-hentinya seluruh warga SMASA menyorakkan calon pemimpin pilihan mereka. Setelah selesai sesi orasi, para kandidat tersebut memasuki sesi kedua yaitu menjawab pertanyaan dari dewan guru yang telah di tunjuk sebagai juri (pak Domas, ibu Ellies dan ibu Sukma). 

Pesta Demrokrasi yang berlangsung selama sehari pada hari Rabu, 11 Oktober 2023 tersebut berlangsung dengan tertip dan lancar, tak satupun siswa yang meu melewatkan acara bersejarah di sekolah tercinta mereka. Hal ini cukup menjadi alasan, karena keberlangsungan hidup mereka selama menjadi warga SMASA adalah bergantung juga pada keputusan pemimpin mereka. Hingga keputusan Pemilu selesai dan menyebutkan bahwa ketua OSIS dan MKP pada masa bakti 2023-2024 adalah Muhammad Ghoziyan Gymnastiar dari kelas XI A dan Shultan Shafwan Nasardi dari kelas XI C. Selamat kepada ketua OSIS dan MPK tahun 2023-2024, semoga kalian dapat membawa SMASA semakin maju dan berprestasi. Aamiin.