Ole777

Ole777

July 13, 2024

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

SMASA Raih Juara 3 Di Olimpiade MGMP Matematika Tiingkat Provinsi

2 min read

MGMP atau musyaswarah guru mata pelajaran merupakan organisasi guru semata pelajaran. Manfaat dari kegiatan organisasi guru ini tentu untuk menunjang peran guru dalam mendidik siswa-siswinya. Dengan demikian para guru juga berupaya mengupgrade diri untuk meningkatkan mutu dan potensi dirinya. MGMP Matematika tingkat provinsi belum lama ini mengadakan olimpiade/kompetisi yang di tujukan untuk siswa-siswi SMA se Jawa Timur. Seperti biasa siswa-siswi SMAN 1 kota Probolinggo sangat antusias mengikuti kompetisi ini.

Sabtu, 21 Oktober 2023 adalah waktu dilaksanakannya kegiatan kompetisi Matematika SMA untuk babak semifinal dan final. Bertempat di Aula Sabha Nugraha Dinas Pendidikan provinsi Jawa Timur, Jl. Genteng Kali no.33 Surabaya ini, peserta di dampingi pak Halis Rodiwarsito dan Pak Sulaiman selaku guru mata pelajaran Matematika. Peserta kompetisi Matematika SMAN 1 kota Probolinggo kali ini adalah Brayden Kang Wong kelas XII D dan Imanuel Kristian kelas XI C.  

Pelaksanaan kegiatan kompetisi Matematika tingkat SMA se Jawa Timur ini cukup padat karena terdapat 48 SMA yang terpilih memasuki babak Semifinal. Setiap SMA di wakili satu regu yang terdiri dari 2 orang siswa, sehingga jumlah keseluruhan peserta adalah 96 peserta kompetisi. Jam 7 pagi para peserta kompetisi di wajibkan untuk registrasi peserta oleh panitia. Kemudian acara pembukaan pada jam 7.30 oleh ketua MGMP Matematika provinsi Jawa Timur. Pada jam 8 pagi pelaksanaan kompetisi Matematika SMA babak final di mulai hingga jam 9 pagi. Dan langsung di lanjutkan penilaian atau koreksi babak semifinal. Pengumuman peserta yang masuk babak final di lakukan pada jam 10 dan langsung pelaksanaan babak final kompetisi Matematika SMA. Jam 12 hingga 12.45 waktu istirahat dan shalat duhur lalu pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah jam 13.00 siang sampai selesai. Perjuangan Brayden dan Imanual memang luar biasa karena mampu bersaing dengan 48 SMA terbaik di Jawa Timur. Dari undangan yang di terima tanggal 17 Oktober 2023 tersebut menjelaskan bahwa tim SMASA berada di peringkat ke 22 se Jawa Timur dengan nilai 112. Sementara nilai peringkat pertama adalah 136 atas nama SMAN Model Terpadu Bojonegoro. Kemenangan tim SMASA meraih juara 3 adalah prestasi yang luar biasa karena semangat juang dan rasa percaya diri yang tinggi. Persiapan Brayden dan Imanuel untuk semifinal kompetisi Matematika SMA ini telah membuahkan hasil dan menjadi contoh baik untuk seluruh siswa-siswi SMASA. Mari kita tunggu kompetisi-kompetisi selanjutnya dari tim SMASA.

#@cabdin_probolinggo
#@dindik_jatim