October 25, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

STUDI “TIRU”

3 min read

STUDI “TIRU”

IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS)

SMA NEGERI 1 TUMPANG KABUPATEN MALANG DAN SMA ISLAM AL AZHAR 2 JAKARTA

DI SMA NEGERI 1 KOTA PROBOLINGGO

 

SMA Negeri 1 Kota Probolinggo sebagai sekolah penyelenggara implementasi Sistem Kredit Semester (SKS), hari ini Kamis, 25 Oktober 2018 untuk kesekian kalinya menerima tamu studi banding  dari dua lembaga sekolah sekaligus, yakni SMA Negeri 1 Tumpang dan SMA Islam Al Azhar 2 Jakarta.  Kehadiran kedua sekolah ini dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama untuk SMA Negeri 1 Tumpang sedangkan SMA Islam Al Azhar pada gelombang kedua.

Sekitar pukul 07.30 waktu setempat, rombongan dari SMA Negeri 1 Tumpang hadir di SMA Negeri 1 Kota Probolinggo disambut oleh jajaran pimpinan sekolah, guru, karyawan, dan tim paduan suara yang dikenal dengan SMACHOVO (SMASA Choir and Voice) dengan sajian lagu Mars SMA Negeri 1 Kota Probolinggo, dilanjutkan untuk sesi foto bersama.  Setelah itu para tamu menuju aula utama yang berada di lantai dua untuk mengikuti serangkaian acara ceremonial. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh penata acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara berikutnya, sambutan dari Kepala SMA Negeri 1 Tumpang, H. Edi Parlindungan, S.Pd.M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kegembiraannya dapat berkunjung untuk studi banding yang menurut beliau lebih tepatnya dengan istilah “Studi Tiru” ke SMA Negeri 1 Kota Probolinggo untuk kedua kalinya. Dikatakan “Studi Tiru” karena ingin meniru atau duplikasi. Kunjungan pertama dilakukan pada tahun 2014 dengan tujuan yang sama, yakni ngangsu kawruh tentang implementasi SKS untuk diterapkan di SMA Negeri 1 Tumpang yang baru tahun pelajaran 2018-2019 ini menerapkan sistem SKS, karena merasa yakin pada sistem SKS paradigma baru.

Sambutan berikutnya Kepala SMA Negeri 1 Probolinggo yang diwakili oleh wakil kepala sekolah urusan kurikulum, Mujiono, M.Pd. dikarenakan kepala sekolah sedang menjalankan tugas dinas luar di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutan tersebut, beliau menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran kepala SMA Negeri 1 Kota Probolinggo dan menyampaikan titipan salam hormat dari kepala sekolah kepada rombongan tamu. SMA Negeri 1 Kota Probolinggo menyambut dengan tangan terbuka kehadiran rombongan tamu untuk melakukan Studi Tiru. Beliau juga memaparkan bahwa paradigma pembelajaran SKS terbaru yang dimulai tahun 2017 berbeda dengan sebelumnya. Dahulu SKS untuk mengantar peserta didik lulus dua tahun. Sedangkan sistem yang sekarang, SKS paradigma baru sangat menguntungan peserta didik dengan memperhatikan keberagaman kecepatan belajar peserta didik. Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata dari masing-masing sekolah. Setelah itu penayangan video profile SMA Negeri 1 Kota Probolinggo, dan acara ceremonial ini diakhiri dengan doa yang dipimpin langsung oleh wakil kepala sekolah urusan humas, H. Achmad Jasuli Afandi, S.Ag, S.Pd. S.Psi, MA

Setelah ceremonial, acara dilanjutkan dengan paparan Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) dengan nara sumber H. Syaiful Bahri, S.Ag., S.Pd., M.Pd. Pada kesempatan ini disampaikan panjang lebar tentang awal pembelajaran SKS dengan segala tantangan dan kesulitan yang dihadapi, hingga terumuskan SKS paradigma baru berbasis UKBM yang sangat menguntungkan peserta didik dengan keberagaman dalam pembelajaran. Setelah mendengar paparan tersebut dan bertanya jawab seputar SKS dan UKM, para tamu ishoma sebelum melakukan tinjauan lapangan. Pada saat ishoma itulah sekitar pukul 11.30 waktu setempat, tamu rombongan kedua, yakni SMA Islam Al Azhar 2 Jakarta datang ke SMA Negeri 1 Kota Probolinggo.

Kunjungan tamu dari SMA Islam Al Azhar 2 Jakarta ini juga mengikuti serangkaian acara ceremoni sebagaimana yang dilakukan pada tamu sesi pertama sesuai tatanan SOP yang dimiliki SMA Negeri 1 Kota Probolinggo. Drs. H. Abu Hurairah, selaku Kepala sekolah hadir bersama delapan orang guru dan staf tata usaha. Begitu datang, rombongan disambut para pimpinan sekolah, guru, dan staf tata administrasi sekolah dilanjutkan sesi foto bersama, kemudian menuju ruang aula utama untuk mengikuti serangkaian ceremonial. Dalam sambutan beliau menyampaikan kegembiraan dapat berkunjung ke sini dan ingin banyak belajar dari SMA Negeri 1 Probolinggo. Setelah ceremonial, rombongan dari SMA Islam Al Azhar langsung bergabung dengan SMA Negeri 1 Tumpang untuk mengikuti kunjungan kelas, berdialog dengan peserta didik. Ada juga yang mengunjungi perpustakaan sekolah, bertukar ilmu dengan bimbingan & konseling, kesiswaan, OSIS, tata usaha, operator dapodik, dan laboratorium sekolah hingga pukul 13.30 pun tidak terasa. Setelah dirasa cukup, maka rombongan tamu dari SMA Negeri 1 Tumpang berpamitan untuk meninggalkan lokasi, sedangkan SMA Islam Al Azhar melakukan ishoma hingga pukul 14.00 WIB. Setelah ishoma, rombongan dari Al Azhar kembali menuju aula utama untuk mengikuti paparan tentang SKS dan UKBM. Pada kesempatan itu terjadi tanya jawab yang sangat mengerucut dan berakhir dengan pencapaian pemahaman tentang SKS dan UKBM tersebut.Tepat pukul 15.30 WIB kegiatan berakhir, dan rombongan SMA Islam Al Azhar 2 Jakarta melanjutkan perjalanan ke Malang sebelum kembali ke Jakarta.

Dengan slogan Maju Bersama Hebat Semua, SMA Negeri 1 Kota Probolinggo siap mengajak sekolah-sekolah lain untuk berkemajuan.