May 16, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Rujukan

STUDI TIRU

2 min read

IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS)

SMA TRENSAINS TEBUIRENG JOMBANG

DI SMA NEGERI 1 PROBOLINGGO

 

SMA Negeri 1 Probolinggo untuk kesekian kalinya menerima tamu kunjungan untuk melakukan “Studi Banding” yang istilah sekarang adalah “Studi Tiru”. Kali ini tamu berasal dari Sekolah Menengah Atas Trensains Tebuireng Jombang pada hari Senin, 26 November 2018. SMA Trensains Jombang ke SMA Negeri 1 Probolinggo yang hadir terdiri dari Mudir Bidang Pembinaan Lembaga Pendidikan Pesantren Tebu Ireng, Bapak H. Khusnadi Said, S.H., M.Si., Kepala Sekolah, Bapak A. Rafiq, ST., M.Pd.I. dan para Wakil Kepala Sekolah serta beberapa guru. Kehadiran beliau disambut oleh para Waka dan beberapa guru dengan penuh persaudaraan.

Hari Senin ini bertepatan dengan pelaksaan kegiatan sekolah melakukan Penilaian Akhir Semester sehingga acara tidak ada penyambutan dari peserta didik yang biasanya disugusi pertunjukan seni dari kegiatan ekstrakurikuler. Mulai dari paduan suara ‘Smacovo’, music kolaborasi ‘SAC’, atau seni tari tradisi dan kreasi ‘Mahayana Dancer’. Rombongan setelah disambut tim dari SMA Negeri 1 Probolinggo langsung Foto bersama di halaman sekolah kemudian menuju Aula untuk mengikuti serangkaian acara studi tiru.

Kegiatan inti ini diawali dengan pembukaan dari pembawa acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah yang dalam hal ini diwakili oleh wakil kepala sekolah urusan kurikulum, Bapak Mujiono, M.Pd. dikarenakan beliau mendapat tugas dinas di luar kota. Dalam sambutan menyampaikan bahwa SMA Negeri 1 Probolinggo sudah menerapkan SKS sejak tahun 2011, dan sampai sekarang sudah menerima banyak tamu untuk melakukan studi tiru. Paradigma lama pelaksaan SKS adalah mengentaskan peserta didik lulus dalam waktu 2 tahun. Paradigma baru SKS bagaimana mengantarkan peserta didik lulus dengan sangat memuaskan dan mampu mengakomodir perkembangan kecepatan belajarnya. Selanjutnya sambutan Wadir Yayasan Tebuireng. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa SMA Trensains ini merupakan lembaga muda. Baru meluluskan peserta didiknya tahun kemarin. Kunjungan SMA yang sudah terakreditasi A ini selain untuk menjalin silaturahim juga belajar tentang SKS dan administrasi sekolah. Setelah sambutan-sambutan dilanjutkan penyerahan cinderamata dari masing-masing, diakhiri dengan doa dan penutup.

Kemudian acara studi tiru diisi dengan paparan Sistem Kredit Semester oleh Bapak H. Saiful Bahri, S.Ag., S.Pd. M.Pd. Pada kesempatan ini disampaikan tentang awal pembelajaran dan segala perjalanan dan tantangan dalam menerapkan SKS di sekolah. Pembelajran SKS paradigma baru sekarang adalah mengakomodir perkembangan percepatan peserta didik berbasis UKBM yang sangat menguntungkan peserta didik  dengan keberagaman dalam belajar. Kemudian sesi Tanya jawab. Dengan sikap santun, kritis, dan rasa ingin tahu tinggi kedua lembaga ini saling bertanya jawab dan bertukar pendapat. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan tata administrasi sekolah yang disampaikan oleh, Ibu Tri Endah Restuningasih, S.Pd., selaku kepala tata usaha sekolah. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan  lapangan dan ke ruang tata administrasi.

Kunjungan selesai tamu meninggalkan sekolah sekitar pukul 12 siang.