August 4, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Rujukan

SMASA, The Power of Probolinggo

1 min read

Smasa Art Collaboration atau disingkat SAC merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Probolinggo yang berkecimpung dalam dunia seni. SAC ini menekuni seni musik tradional jawa (gamelan) yang dikolaborasikan dengan alat musik modern dan beberapa alat musik lainnya.


Dalam beberapa hari ini SAC berkesempatan mengisi acara closing ceremony KKN mahasiswa Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta di lingkungan Kecamatan kanigaran yang bertempat di Aula MAN 2 Probolinggo dengan membawakan 2 lagu berturut-turut d menggunakan alat musik gamelan berkolaborasi dengan band. Dalam acara tersebut juga berkesempatanmengisi acara adalah Mahayana Dancer yaitu kelompok kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Kali ini Mayahana menampilkan Tari jejer asal Banyuwangi yang diajarkan oelh Mahasiswa KKN STKW.


Sebagai puncak serangkaian acara yang digelar oleh mahasiswa KKN dari STKW adalah Mahakarya Sendra Tari The Power of Probolinggo yang bertempat di halaman Kecamatan Kanigaran. SAC tampil dengan dua buah musikalisasi puisi yang berjudul Suara jauh karya Tengsu Tjahyono dan Jadikan Aku karya Syaf Anton WS. Dalam sajian musikalisasi puisi ini menggunakan alat gamelan dan alat musik akustik.