October 25, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

SMAN 1 Probolinggo dan Kompetisi Matematika

2 min read

Kompetisi bagi SMAN 1 Probolinggo adalah hal yang menyenangkan, hal ini karena kompetisi adalah bagian dari proses keseharian di smasa. Siswa dan siswi SMASA tumbuh dan berkembang dengan kompetisi, sehingga apapun kompetisi yang akan di hadapi adalah eksplorasi yang menyenangkan. Mengapa demikian? Bagaimana membangun jiwa kompetisi yang menyenangkan? Sedari awal semester siswa dan siswi SMASA wajib mengikuti seleksi olimpiade, jadi karena di ikuti oleh seluruh siswa tidak ada spesialisasi siswa atau siswi tertentu yang harus ikut. Hal ini dapat menjadi habit siswa dan siswi menerima kompetisi.

Mengapa kompetisi matematika? Matematika bukan satu-satunya kompetisi yang ada di smasa, sebagaimana bidang yang di ujikan pada OSN. Pada kesempatan ini kami menyampaikan bahwa smasa mampu unggul pada dua kompetisi matematika di bulan Februari ini.

GAMMA atau Genius on Mathematics Strategi adalah salah satu kompetisi bidang matematika yang di ikuti siswa dan siswi SMASA. Kompetisi yang di ikuti secara tim ini cukup menarik perhatian siswa untuk unjuk kebolehan di bidang matematika. Sekitar 9 tim mengikuti babak penyisihan untuk berkompetisi di tingkat provinsi. Kompetisi yang bertempat di kampus HMI STKIP PGRI Pasuruan ini berlangsung pada tanggal 16 February 2020 untuk babak penyisihan, tanggal 22 February 2020 jadwal seminar pendidikan dan tanggal 24 February 2020 untuk semi final dan final. Setelah melalui sekian proses, hasil akhir menyatakan SMAN 1 Probolinggo sebagai juara 3 atas nama ananda Fabian Thariq El-Hadi dan Firmansyah Fahmi Nugraha.

Tidak hanya itu, kompetisi lain juga telah di torehkan siswa dan siswi SMAN 1 Probolinggo di bidang matematika juga. Inzah Math Olympiad 2020 membuka pendaftaran tanggal 2 s/d 31 Januari 2020. Kompetisi matematika yang di cetus Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo ini menjadi saksi atas keunggulan SMA negeri 1 Probolinggo di kompetisi ini. Kemenangan ini tentu di sambut suka cita oleh semua warga sekolah, terutama pemenang yang telah mengantongi hadiah uang pembinaan, trophy dan piagam kemenangan juara 1. Alhamdulillah jayalah SMASA selama lamanya.