September 20, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Adita Raih Beasiswa Kennedy YES

2 min read

Salam sejahtera warga SMASA!!. Satu lagi warga SMASA yang menorehkan prestasi. Kali ini datang dari teman kita yang duduk di kelas 12 MIPA C. Yuk, aku kenalin, namanya Adita Ivanka Reynda Artamefia atau akrab kita pangil Adita. Adita menjadi satu-satunya pelajar dari Kota dan Kabupaten Probolinggo yang berhasil dalam gelaran pertukaran pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas/sederajat. Pertukaran pelajar ini diselenggarakan oleh Kementrian luar negeri Amerika Serikat dari Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) 2021-2022. Wah, siswa-siswi SMASA memang pada hebat, ya.
Adita adalah putri Ibu Dwi Yunita Dikarini. Perjuangan Adita mengikuti program ini sejak Agustus tahun lalu, itu nggak terbilang mudah, loh. Ia harus melewati tahapan seleksi ketat, sehingga 80 peserta termasuk Adita berhasil lolos dan akan berangkat ke Amerika. Menurut keterangan Adita, selain memberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di Amerika, program tersebut juga memberikan beasiswa penuh selama 10 bulan kepada peserta yang lolos.
Adita yang hobinya membaca ternyata telah berprestasi sejak ia duduk di bangku SMP. Ia pernah mendapat juara II lomba Karya Tulis Ilmiah Pelajar se-Jawa dan Bali. Berlanjut ke tingkat SMA, ia pun sering meraih prestasi dalam bidang yang sama, baik dalam tingkat Kabupaten/Kota Probolinggo maupun Provinsi Jawa Timur. Prestasi kali ini adalah modalnya dalam mengikuti program studi ke Amerika. Menurut Adita dalam Snipers News (18-8-2021; Toufiq Pers)


Keberhasilan teman kita ini nggak luput dari dukungan berbagai pihak, terutama dari mamanya tercinta, keluarga besarnya, dewan guru SMASAPRO, teman dan sahabatnya, serta masyarakat Probolinggo.
Semoga prestasi Adita ini bisa menjadi panutan bagi kita untuk terus berjuang dan meraih mimpi, ya. Karena tidak ada sesuatu yang mustahil jika dilakukan dengan kerja keras. Untuk Adita, semoga sukses selalu dan diberikan kesehatan serta kelancaran selama mengenyam pendidikan di AS, ya. Doa kami selaku warga SMASAPRO selalu menyertaimu. Semangat selalu untuk kita semua