October 25, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Ibu Ety Resmikan Double Track SMAN 1 Probolinggo

2 min read

Tanggal 29 September 2021 merupakan hari bersejarah di SMAN 1 Probolinggo, karena merupakan hari lahirnya program double track di sekolah tercinta ini. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur telah melakukan terobosan dengan mencanangkan program SMA Double Track atau SMA DT nama populernya sejak tahun 2018. Tujuan dari SMA DT ini adalah memberi kompetensi keterampilan bersertifikat bagi lulusan SMA. Jadi anak-anak lulusan SMA yang tidak berminat atau tidak mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dapat memanfaatkan keterampilannya untuk membuka usaha atau merekrut tenaga kerja.

Ibu Ety Prawesti selaku Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawat Timur sangat mengapresiasi program Double Track SMAN 1 Probolinggo. Dengan di dampingi bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Cabang Probolinggo bapak Kiswanto, S.Pd, M.Pd, ibu Ety mengikuti semua kegiatan dengan antusias. Dimulai dengan acara sambutan oleh kepala SMAN 1 Probolinggo bapak M. Zaini, M.Pd di ruang aula Agrapana lantai dua di lanjutkan acara peresmian kantin baru Smabarokah dan penanda tanganan prasasti double track.

Tidak ketinggalan partisipasi siswa-siswi SMASA yang menyambutan dengan tari Emprak, lagu mars SMASA oleh Smacovo dan penyambutan tamu kebesaran oleh pasukan paskib melalui aksi Pedang Pora, suasana menjadi meriah dan elegan. Dengan mengenakan kalung bunga yang di sematkan pak Zaini, ibu Ety menikmati semua prosesi hingga kunjungan di stand-stand.

Mulai dari stand E Canteen yang mengiformasikan tentang Smartcart untuk transaksi di kantin SMASA, bu Ety berlanjut ke stand boga dan mencoba Dimsum buatan siswa. Stant batik tidak luput dari kunjungan bu Ety, dengan mencoba menggunakan canting batik bu Ety mengikuti kegiatan siswa membatik setelah sebelumnya mengunjungi stand kecantikan SMASA.

Peresmian double track SMAN 1 Probolinggo ini juga di hadiri oleh seluruh kepala sekolah negeri se Probolinggo. beberapa sekolah yang turut membuka stand pameran adalah SMAN 1 Dringu dengan menampilkan program tata busana dan tata boga, SMAN 1 Besuk dengan progam DT kecantikan dan tata boga, SMAN 1 Tongas mengan program DT Desain Grafis, tata boga, tata busana dan TKR (Teknik Kendaraan Ringan), SMAN 1 Paiton dengan program DT tata boga membagikan sirup dan minuman pokak kepada pengunjung dan SMAN 1 Sumber dengan program DT kecantikan, tata boga dengan produk minuman sehat berbahan kentang. Acara basar ini membuat semua produk pameran tak tersisa, itu semua karena antusiame semua pengunjung terhadapa produk yang di sajikan. Dengan label harga yang sangat terjangkau, para pengunjung tidak segan untuk membeli produk tersebut setelah mencoba tester yang di berikan.

Ibu Ety sangat puas dengan produk yang di tunjukkan para peserta stand. Beliau berpesan bahwa program double track ini dapat menjadi wadah atas inovasi dan kreativitas siswa. Setelah siswa membuat produk yang bagus seperti ini, selayaknya untuk melanjutkan ke tingkat pemasaran, begitulah pesan bu Ety. Dengan mencari informasi dan terobosan yang lebih luas, bu Ety berharap semua produk dari program SMA DT di probolinggo dapat di terima masyarakat.