October 25, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Kiat Sukses KSN 2021

3 min read

Kisah sukses 3 KSN ini sudah banyak di muat di web SMAN 1 Probolinggo. Mulai dari lomba kelompok atau perorangan, semua di ikuti dengan maksimal. Tanpa banyak mengeluh di tengah keterbatasan dan situasi pandemi, semangat dan kesabaran mereka kini berbuah hasil. 3 KSN SMAN 1 Probolinggo ini lulus di tingkat provinsi dan siap melaju ke tingkat Nasional.

Setelah bertanya Kiat suksesnya selama ini, saya mendapati untaian kata yang sarat makna. Kiat Sukses 3 KSN SMASA ini sungguh menyentuk saya untuk membacanya berulang-ulang. Inilah pepatah padi ‘Kian Berisi Kian Merunduk’, kesuksesan Aldi, Aldo dan Alvin tidak membuat mereka jumawa melainkan semakin santun dan patuh. Berikut ini kiat sukses KSN SMAN 1 Probolinggo :

  1. Terus berdoa dan bersyukur selalu kepada Allah Swt.
    Rezeki, jodoh, musibah, itu semua adalah milik Allah, sehingga semuanya akan kembali kepada-Nya. Sebagai hamba-Nya sudah sepatutnya saya untuk patuh, menaati, dan menjalankan segala sesuatu yang dikehendaki oleh Allah.
  2. Taat dan hormat pada orang tua.
    Selain doa, dukungan dari orang tua akan sangat membantu, karena dengan adanya dukungan dari orang tua akan membangkitkan semangat untuk berjuang meraih prestasi.
  3. Hormat dan taat pada bapak ibu guru.
    Seperti yang kita ketahui bahwa bapak ibu guru itu orang tua kita di sekolah. Sehingga berbagai macam doa, bimbingan, dan dukungan dari guru tentu akan sangat membantu untuk meraih kesuksesan kita. Sama seperti di KSN-P ini yang Alhamdulillah kami berhasil lolos ke tingkat nasional, tentu didalam kesuksesan ini tidak lepas dari doa² dan dukungan bapak ibu guru SMAN 1 PROBOLINGGO. Fasilitas² yang telah disediakan sangat membantu untuk memeroleh prestasi.
  4. Tekad
    Dengan tekad ini, akan terus mendorong kami untuk terus berkobar memeroleh prestasi yang tentu akan berguna bagi masa depan saya sendiri. Sehingga akan terus saya perjuangkan untuk memerolehnya.
  5. Kemauan
    Selain tekad, kemauan menjadi booster. Sehingga akan terus mendorong saya untuk bersemangat menggapai apa yang saya cita-citakan
  6. Fokus
    Fokus merupakan hal yang penting untuk memeroleh apa yang saya cita-citakan. Sehingga konsentrasi saya akan terpusat ke dalam satu bidang. Ibarat pisau yang terus diasah, maka akan semakin tajam. Sama seperti otak saya, apabila terus menerus diasah maka akan mengahasilkan hasil yang terbaik yang bisa dilakukan. Jadi fokus tentu merupakan kunci sukses saya.
  7. Prinsip
    Saya sendiri memegang teguh prinsip saya ini yang secara tidak langsung terus memotivasi saya. Saya percaya bahwa “Life isn’t a dream, but dreams are parts of life. So do your best and be the best version of yourself” yang artinya “Hidup ini bukanlah mimpi, hidup ini adalah kenyataan. Namun justru sebaliknya, mimpi-mimpi adalah bagian dalam hidup. Setiap orang pasti punya impian, mimpi, cita-cita, tapi sekarang pertanyaannya cuma 1 “Bagaimana caranya untuk mewujudkan mimpi-mimpi saya ini?” Oleh karena itu, saya akan melakukan yang terbaik dan menjadi yang terbaik, serta mebuktikan bahwa mimpi-mimpi saya bisa terwujud.
  8. Tawakal
    Seperti yang saya sampaikan di awal bahwa rezeki, jodoh dan musibah itu adalah milik Allah, jadi saya sebagai umat-Nya harus tawakal dan yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik bagi diri saya sendiri

Begitulah wawan cara dengan Aldi perwakilan dari 3 bersaudara pemenang KSN-P. Aldi, Aldo dan Alvin adalah 3 bersaudara dengan memilih bidang KSN yang berbeda. Aldi dan Aldo adalah kembar yang lahir pada tanggal 2 April 2003. Sementara Alvin adalah adik mereka lahir tanggal 16 November 2004. 3 pemenang KSN ini masih memiliki banyak cerita yang perlu menjadi manutan anak-anak muda masa kini. Semoga saya ada kesempatan untuk bertemu orang tua Aldi, Aldo dan Alvin. Seandainya kita dapat mendidik anak-anak kita seperti 3 KSN ini bisa di bayangkan bangganya kita. Seandainya masih ada banyak lagi anak-anak Indonesia seperti ketiga KSN ini dapat di bayangkan bagaimana masa depan negara kita. Semoga Cerita ini dapat menjadi tauladan kita selaku orang tua dan dapat memotivasi anak-anak kita. Mari tunggu kisah selanjutnya ..