Ole777

Ole777

February 21, 2024

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Pengawas Berikan Apresiasi di PKKS 2022

1 min read

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah atau lebih disingkat dengan (PKKS) merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menilai Kinerja dari Kepala Sekolah, karena Kepala Sekolah yang profesional dapat merumuskan sebuah mutu lulusan dari sekolah yang dipimpinnya. Penilaian seorang Kepala Sekolah dilakukan oleh pengawas cabang dinas provinsi jawa timur dengan menggali informasi dari pihak-pihak guru dan tenaga kependidikan, melalui formulir standar penilaian kepala sekolah.

SMA Negeri 1 Probolinggo melaksanakan program PKKS ini pada hari Senin, 19 Desember 2022 dibawah penilaian tim pengawas Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilaysh Kab/Kota Probolinggo.
Hadir dalam kegiatan tersebut, tim pengawas sekaligus penilai kepala sekolah, Drs. Kholis Hasyim, M.M bersama Drs. Joko Suryanto, M.Pd, dan Kepala SMAN 1 Probolinggo, Drs. Mohamad Zaini, M.Pd, berikut para Wakil Kepala Sekolah, Koordinator Tata Administrasi Sekolah, Dewan Guru dan karyawan sekolah.
Poin yang diujikan dalam kegiatan PKKS tersebut terangkum dalam beberapa standar kegiatan seperti Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pembiayaan, Standar Isi, Standar Kelulusan, Standar Tenaga Kependidikan, Standar Sarpras, dan Standar Pengelolaan.
Proses penilaian ini meliputi pemantauan, observasi dan pengamatan yang dilakukan dengan pemeriksaan data-data administrasi kegiatan, wawancara dan pengamatan dilapangan.
Dari hasil proses penilaian yang dilakukan mendapat apresiasi dari tim penilai karena untuk tahun ini sudah cukup bagus, lebih baik dari tahun sebelumnya baik itu dari variasi kegiatan pengembangan maupun dari bukti bukti fisik yang disiapkan oleh sekolah