April 11, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Rujukan

Gakkou Houmon

1 min read

Bahasa Jepang merupakan ekstrakurikuler yang berfokus pada bidang bahasa Jepang serta budayanya. Ekstra ini berfungsi untuk mengembangkan kreativitas dan mengasah kemampuan berbahasa Jepang sehingga menambah nilai tersendiri bila mempelajarinya.

Pada tanggal 1 Februari 2019, ekstra bahasa Jepang mengadakan kegiatan yang disebut “gakkou houmon”, yaitu kegiatan pembelajaran ekstra bahasa Jepang yang bermaksud untuk mengetahui budaya Jepang dengan mengundang tamu penutur asli untuk memandu tata cara tertentu dalam budaya Jepang, sehingga dapat menambah & meningkatkan pengetahuan tentang budaya Jepang. Budaya Jepang yang dipelajari adalah membuat Makizushi, yaitu salah satu jenis sushi yang menggunakan Nori (rumput laut) dan berbagai isian berupa telur, timun, worteld, sosis,dsb.

Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk perlombaan kelompok dan Makizushi yang paling menarik, kreatif dan inovatif adalah juaranya. Dengan adanya kegiatan “gakkou houmon” dengan tema budaya berkomentar bersama narasumber Miyazato Anna dari Okinawa-Jepang ini dapat memberikan kesempatan peserta didik untuk mempelajari budaya Jepang, melatih kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan orang Jepang dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar bahasa dan budaya Jepang.