April 11, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Rujukan

Studi Lapangan Pembelajaran Terintegrasi Lingkungan

1 min read

STUDI LAPANGAN PEMBELAJARAN TERINTEGRASI LINGKUNGAN

Kegiatan Studi Lapangan Pembelajaran Terintegrasi Lingkungan ini dilaksanakan pada tanggal 13 – 15 Februari 2019 di desa Wonokerto Kecamatan Sukapura Kab. Probolinggo.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan nilai tambah bagi siswa sebagai salah satu perwujudan sekolah dengan kurikulum 2013 yang ingin mencetak peserta didik memiliki kepekaan terhadap lingkungan baik lingkungan alam maupun sosial dan mampu menyelesaikan masalah secara mandiri.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh peserta didik kelas XI Mipa dan IPS Tahun Pelajaran 2018-2019 SMA Negeri 1 Probolinggo.

Diawali dengan pembukaan yang dilaksanakan di Balai Desa Wonokerto dihadiri oleh Kepala Desa serta perangkatnya, juga dihadiri warga Wonokerto yang akan menjadi Induk Semang para Peserta Didik SMAN 1 probolinggo selama berkegiatan di sana.

Selama di Wonokerto Peserta didik diharapkan dapat mengimplementasikan semua ilmu yang telah didapatkan di sekolah terhadap segala kegiatan warga ataupun keadaan alam di Wonokerto, selain itu Peserta didik juga akan diberikan Lembar kerja yang harus diselesaikan secara pribadi dan kelompok.

Selain mengerjakan tugas sekolah, Peserta didik diajak untuk terlibat langsung terhadap kegiatan warga Wonokerto, seperti meladang, masak di dapur. Dll.. sesuai dengan kegiatan Induk semang masing-masing.

Banyak pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan ini,.