September 19, 2021

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Studi Banding

2 min read

STUDI BANDING

IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS)

SMA NEGERI 2 SITUBONDO

DI

SMA NEGERI 1 KOTA PROBOLINGGO

 

Senin, 26 Februari 2019, SMA Negeri 1 Kota Probolinggo sebagai sekolah rujukan, penyelenggara implementasi Sistem Kredit Semester (SKS), menerima tamu studi banding  dari SMA negeri 2 Situbondo. Sekitar pukul 08.10 waktu setempat, rombongan dari SMA Negeri 2 Situbondo yang berjumlah 26 orang, hadir di SMA Negeri 1 Kota Probolinggo disambut oleh jajaran pimpinan sekolah, guru, karyawan, dan tim paduan suara SMACHOVO (SMASA Choir and Voice) dengan sajian lagu Mars SMA Negeri 1 Kota Probolinggo, dilanjutkan untuk sesi foto bersama.  Setelah itu para tamu menuju aula utama yang berada di lantai dua untuk mengikuti serangkaian acara.

Acara studi banding ini diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara berikutnya, sambutan dari Kepala SMA Negeri 1 Probolinggo Drs. Mohamad Zaini, M.Pd. Beliau menyampaikan selamat datang kepada rombongan tamu dan ini merupakan kali pertama Beliau menerima tamu studi banding, karena Beliau adalah kepala sekolah baru di SMA negeri 1 Probolinggo menggantikan kepala sekolah lama yang mengalami rolling tugas kepala sekolah. SMA negeri 1 Probolinggo sekolah yang menjadi rebutan calon peserta didik harus selalu meningkatkan kualitasnya agar selalu menjadi nomor 1 di Kota Probolinggo. Dengan program SKS yang sudah dijalani sejak tahun 2011 sampai dengan saat ini tahun 2019, SMA Negeri 1 Probolinggo tetap eksis mejalankan program SKS tersebut dan Alhamdulillah selalu berhasil menuntaskan siswa-siswinya menuju perguruan tinggi terbaik. Siswa yang menempuh program 4 semester pun selalu lolos PDSS dan lolos masuk seleksi penerimaan mahasiswa baru baik melalui SMNPTN maupun SMBMPTN. Oleh sebab itulah sudah ratusan sekolah yang melakukan studi banding ke sini baik dari dalam provinsi maupun luar provinsi bahkan dari berbagai luar pulau Jawa. Mereka belajar bersama dengan SMA Negeri 1 Probolinggo.

Acara berikutnya pada sambutan kepala SMA Negeri 2 Situbondo, Bapak Drs, Suyono, M.M. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan terima kasih dan bersyukur dapat  bersilaturahim ke SMA Negeri 1 Probolinggo. Kunjungan ini bertujuan ngangsu kawruh atau meguru tentang implementasi program SKS untuk diterapkan di SMA Negeri 1 Proboilinggo, dan Insyaallah tahun depan SMA Negeri 2 Situbondo akan menerapkan Program SKS tersebut sesuai imbauan dari Dinas Pendidikan provinsi Jawa Timur serta ingin mengantar peserta didik lulus dua tahun yang sangat menguntungan peserta didik dengan memperhatikan keberagaman kecepatan belajar peserta didik. Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata dari masing-masing sekolah. Acara seremonial ini diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Nur Budi, S.Ag. Setelah do’a dilanjutkan istirahat dan penayangan video profile SMA Negeri 1 Kota Probolinggo.

Kegiatan studi banding belum selesai. Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan paparan tentang implementasi program SKS oleh nara sumber, yakni Bapak H. Syaiful Bahri, S.Pd., M.Pd. selama kurang lebih 2 jam dan disertai tanya jawab. Setelah itu rombongan melakukan kunjungan kelas, berdialog dengan peserta didik. Ada juga yang mengunjungi perpustakaan sekolah, bertukar ilmu dengan bimbingan & konseling, tata usaha sekolah, operator dapodik, dan lingkungan sekolah hingga pukul 14.0 pun tidak terasa. Setelah dirasa cukup, maka rombongan tamu dari SMA Negeri 2 Situbondo berpamitan untuk meninggalkan SMA Negeri 1 Probolinggo untuk perjalanan pulang.

Dengan slogan Maju Bersama Hebat Semua, SMA Negeri 1 Kota Probolinggo siap mengajak sekolah-sekolah lain untuk berkemajuan.

Tim Humas.