June 28, 2022

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

CLASS MEETING SMASA 2021

2 min read

Haii sobat Lentera!! Sebagai siswa, kalian pasti melalui yang namanya masa ujian di sekolah. Biasanya sih, setelah ujian, kepalamu jadi pusing karena seringkali intensitas belajar sebelum ujian lebih kencang dan selama ujian kamu diharuskan untuk berpikir lebih keras dalam menjawab soal ujian dengan tepat agar dapat nilai bagus. Untuk itu, kamu perlu yang namanya kegiatan menyenangkan dan seru agar rasa stres setelah ujian bisa hilang. Salah satu solusi yang diberikan sekolah adalah class meeting. Pertemuan antar kelas atau class meeting adalah kegiatan berupa dalam bentuk perlombaan atau pertandingan yang seru.

Lomba yang diadakan dalam classmeeting kali ini adalah estafet yang terdiri dari 7 pos, Pos 1 lempar pimpong, pos 2 estafet kardus, pos 3 cerdas cermat, pos 4 himpit pingpong, pos 5 pingpong sumpit, pos 6 bola terong, dan pos 7 balap karung. Tujuan diadakannya classmeet ini agar seluruh siswa SMAN 1 Probolinggo mampu merekatkan antara satu siswa dengan siswa yang lainnya, dan juga seluruh siswa bisa lebih giat lagi untuk belajar. Class meeting kali ini diadakan selama 3 hari pada tanggal 20,21, dan 22 Desember 2021 dikarenakan terdapat kegiatan lain yang akan di selenggarakan di SMAN 1 Kota Probolinggo yang berupa praktik mengurus jenazah dan istigosah. Panitia telah menyiapkan beberapa konsep dan aneka acara lomba menarik yang mendapatkan perizinan dari bapak ibu guru tentunya. Untuk mempersiapkan classmeeting tersebut kami dari pihak panitia juga tidak lupa mengadakan sebuah rapat besar secara online untuk membahas bersama mengenai kegiatan classmeeting yang akan berlangsung.

Para panitia telah mempersiapkan kegiatan mini classmeeting selama seminggu. Namun dikarenakan adanya perubahan jadwal, kami selaku panitia harus menyimpan konsep dan persiapan tersebut. Setelah jadwal ditentukan kembali, kami para panitia hanya membutuhkan waktu dua hari untuk mempersiapkan kegiatan mini classmeeting tersebut. Kendala yang dialami atau dihadapi saat classmeet berlangsung ialah cuaca, cuaca saat itu hujan yang membuat lapangan menjadi licin sehingga para peserta harus berhati-hati ketika mengikuti pertandingan, yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan classmeet kali ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI dan di hari terakhir juga melibatkan guru. Kekurangan classmeet yang diadakan tahun ini adalah jadwal yang sempat berubah-ubah dari sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut, panitia menyiapkan beberapa kemungkinan terkait mekanisme pelaksanaan classmeet. Kesan panitia dalam classmeeting tahun ini sangat seru dan memuaskan. Terlebih lagi, ini menjadi salah satu program kerja pertama yang sebenarnya di luar planning rancangan OSIS sendiri. Tetapi dengan semangat yang luar biasa dari panitia, acara classmeeting dapat berjalan dan terealisasikan dengan baik. Harapan ke depannya, kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menjadi motivasi bagi OSIS untuk meningkatkan kinerja pada program kerja selanjutnya.