January 22, 2022

SMA Negeri 1 Probolinggo

Sekolah Penggerak 2021

Tim Putri Raih Walikota Cup 2021

2 min read

Kemenangan berhasil diraih oleh Tim basket putri SMAN 1 Probolinggo dalam perlombaan Walikota Cup 2021. Ketika ketua Eerste dimintai keterangan terkait persiapan, ia mengatakan membutuhkan waktu 2 bulan dengan 1-2 kali dalam seminggu untuk latihan. Biasanya dalam seminggu mereka melakukan tiga kali latihan, namun karena kondisi pandemi membuat sekolah memberikan batasan waktu mereka menjadi 1-2 kali dalam seminggu. Mereka tetap berusaha memanfaatkan latihan tersebut dengan maksimal, sehingga saat pertandingan dimulai mereka sudah siap. Ketua mengatakan persiapan yang mereka lakukan sudah cukup baik terutama persiapan fisik dengan menjalankan latihan rutin dan mengatur pola makan.

Untuk mendapatkan kemenangan tersebut tim basket putri harus mengalahkan beberapa tim basket putri dari sekolah lain dengan tingkat kesulitan yang  berbeda. “Tentunya ada kesulitan tiap pertandingan. Karena bukan hanya satu sekolah yang kita lawan dan masing masing sekolah memiliki karakter yang berbeda beda jadi tiap pertandingan ada tingkat kesulitan masing-masing,” jelas ketua Eerste. Ia juga menjelaskan saat sebelum pertandingan berlangsung ada nasihat yang selalu mereka dengar dan tanamkan yaitu, “Jangan pernah takut dalam bermain. Kalah menang sudah biasa. Yang terpenting kita harus berani, berani, dan berani.” Nasihat itulah yang memotivasi mereka untuk berani menghadapi lawan tanpa memikirkan hasil akhir yang ada, baik kalah maupun menang. Agar tetap kompak biasanya Eerste diluar jam latian juga kumpul bersama, hal ini dilakukan agar ada kemistri antara satu sama lain. Dan yang terpenting menghindari pertengkaran antar anggota.

Selain itu ketika ditanyai kesan bagaimana memenangkan pertandingan ini, ia mengatakan “Sangat senang dan bangga tentunya. Apalagi di masa pandemi ini sudah jarang ada event dan sekalinya event bisa meraih juara 1. Hal ini juga bisa menjadi pengalaman pertama buat adik adik kelas 10 yang baru merasakan ikut pertandingan basket.” Tidak hanya tim basket Putri, Cherrs one juga unjuk kebolehannya di even ini. Dua tim Cherrs one mampu meraih juara bergensi, yaitu Juara Favorit dan Juara 3.

More Stories